Bentuk RPP sesuai dengan Permendikbud No.57 tahun 2014 tentang struktur kurikulum SD / MI pada lampiran III,secara operasional diwujudkan dalam bentuk format berikut ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : ……………………
Mata
Pelajaran : Tematik
Kelas / Semester : V (lima) / I ( satu )
Materi
Pembelajaran : Tema 3/ Sub Tema 3/ Pembelajaran 3
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan
( 5 x 35 menit )
A.
Kompetensi Inti
1. Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan bendabenda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar
PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan
berbangsa
2.4 Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia
dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat
3.4 Memahami
nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan
kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat
Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa
berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Meresapi makna
anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya
2.4 Memiliki
kesetiaan, dan kebanggaan terhadap keutuhan wilayah nusantara Indonesia melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi
teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
4.3 Menyajikan
teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
Matematika
2.3 Menunjukkan
perilaku adil dalam membuat pola pergeseran tempat duduk secara bergiliran
dengan menggunakan gambar denah tempat duduk di kelas
2.4 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin dan bertanggung jawab dalam melakukan pengumpulan
data, pengolahan data, dan melaporkan hasil pengamatan
3.4 Mengenal konsep
perbandingan dan skala
4.8 Menggambar
denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan
berbagai kemungkinan lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah
mata angin
C. Indikator
PPKn
1.2.1
Menunjukkan
rasa syukur atas kebersamaan dalam keberagaman di lingkungan rumah
2.4.1 Menunjukkan
perilaku cinta tanah air dalam kehidupan di rumah
3.3.1 Menjelaskan akibat – akibat tidak adanya
persatuan dan kesatuan di rumah
4.3.1 Membuat ikrar untuk meningkatkan penerapan
persatuan dan kesatuan di rumah
Bahasa Indonesia
1.1.1 Menunjukkan
rasa syukur atas adanya bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu
1.2.1 Menunjukkan rasa syukur atas terpenuhinya
kebutuhan ekonomi dari kegiatan perdagangan
2.4.1 Menunjukkan sikap bangga terhadap kekayaan
alam Indonesia melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia.
3.3.1 Menjelaskan manfaat perdagangan internasional
dalam bidang politik
4.3.1 Memaparkan
pentingnya kegiatan perdagangan internasional dalam bidang politik bagi
Indonesia
Matematika
2.3.1 Menunjukkan
sikap teliti dalam mengamati denah
2.4.1 Menunjukkan
sikap jujur dalam mengerjakan tugas yang diberikan
3.4.1 Menjelaskan
pengertian skala
3.4.2 Memecahkan
masalah sederhana yang melibatkan pecahan
4.8.1 Menentukan letak benda atau tempat dari denah
atau peta yang diberikan
4.8.2 Menggambar
denah sederhana dengan skala
D. Materi
Pembelajaran
1. Sikap menjaga persatuan dan kesatuan
Sikap
menjaga persatuan dan kesatuan dimulai dari keluarga atau di rumah. Apa
akibatnya jika tidak ada sikap persatuan dan ke satuan di rumah?
Akibat-akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di rumah:
a. Antar anggota keluarga saling
bermusuhan
b. Keluarga menjadi kurang harmonis
Karena dalam keluarga terdiri dari
beberapa orang yang memiliki karakter berbeda-beda, maka kita tidak boleh
melakukan perbuatan yang dapat menimbulkan perpecahan. Oleh karena itu yang
harus kita lakukan hal berikut antara lain:
a.
Beribadah
bersama keluarga,
b. Menciptakan
suasana kehidupan keluarga yang tertib, dinamis, intim dan bahagia serta saling
menghargai,
c.
Saling
mencintai dan tolong menolong,
d. Mengakui
keberadaan, fungsi, atau kedudukan tiap-tiap anggota keluarga,
e.
Menghargai
pendapat anggota keluarga yang lain.
2.
Manfaat Perdagangan Internasional dalam Bidang Politik
Perdagangan internasional adalah
perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara
lain atas dasar kesepakatan bersama. Perdagangan internasional juga bermanfaat
di bidang politik. Perdagangan antar negarabisa mempererat hubungan politik
antar negara. Sebaliknya, hubungan politik juga bisa mempererat hubungan
dagang. Perdagangan internasional juga
berfungsi untuk pertahanan keamanan. Misalnya, suatunegara nonnuklir mau
mengembangkan senjata nuklir. Negara ini dapat ditekan dengan dikenai sanksi
ekonomi. Artinya, negara lain tidak diperbolehkan menjalin hubungan dagang
dengan negara tersebut. Biasanya upaya seperti ini harus dengan persetujuan
PBB. Hal ini dilakukan demi terciptanya keamanan dunia.
3. Skala
Skala adalah perbandingan
antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya ( sesungguhnya
). Skala biasanya digunakan pada peta atau
denah. Skala peta dapat digunakan sebagai pedoman penghitungan untuk
menentukan jarak maupun luas wilayah. Skala 1 :
100.000, skala 1 : 2.000.000 dan sebagainya Bila peta berskala
1 : 100.000 berarti tiap satuan panjang
pada peta menggambarkan jarak yang sesungguhnya di lapangan/di muka bumi
sebenarnya 100.000 kali satu satuan panjang di peta. Bila satuan panjang
menggunakan cm berarti tiap jarak 1 cm pada peta menggambarkan jarak 100.000 di
lapangan.
E. Langkah – langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan menanyakan kabar
mereka
2. Guru meminta salah seorang siswa untuk
memimpin doa
3. Guru memberi motivasi kepada siswa agar
semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan
4. Siswa
mendengarkan penjelasan dari guru tentang kegiatan yang akan
dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut
dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami
|
10 menit
|
Inti
|
1. Siswa diminta untuk mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa tema 3 halaman 94 (mengamati)
2. Siswa diminta memberikan pendapatnya tentang
gambar tersebut
3. Siswa mengingat kembali tentang denah rumah,
mengapa denah dibuat, untuk apa denah digunakan, bagaimana menggunakan denah.(mencoba)
4. Siswa menjawab pertanyaan arahan dari guru
seperti: Bagaimana cara mencapai rumah Beni dari Kantor Pos? Dimana letak
SMPN 5? (mencoba)
6. Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan di
buku siswa dengan benar berdasarkan hasil pengamatannya.(mencoba,mengasosiasi)
7. Siswa diminta untuk mengamati kembali gambar
denah (mengamati)
8. Siswa diminta mengulang kembali
pembelajaran tentang konsep perbandingan.
9. Siswa diminta mengulang kembali cara
menghitung menggunakan skala perbandingan.(mengumpulkan informasi)
10. Siswa dengan bimbingan guru memahami kembali tentang konsep
perbandingan.(mengumpulkan informasi)
11. Siswa dengan guru bertanya jawab tentang
skala
12. Siswa diminta untuk berlatih mengerjakan soal
pada buku siswa (mencoba,mengasosiasi)
13. Beberapa siswa diminta ke depan kelas untuk
menuliskan hasil pekerjaan mereka (mengkomunikasikan)
14. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru bahwa
skala selain digunakan pada denah juga digunakan pada peta.Selanjutnya guru
menujukkan peta Indonesia yang memiliki wialayah yang luas.Agar wilayahnya
tetap utuh dan aman maka diperlukan adanya rasa persatuan dan kesatuan.Sikap
menjaga persatuan dan kesatuan dapat dimulai dari lingkungan rumah (mengamati)
15. Siswa diminta untuk menjelaskan pentingnya
perilaku menjaga persatuan dan kesatuan.(mengkomunikasikan)
16. Siswa menjawab pertanyaan arahan dari guru,
seperti: Apa akibatnya jika kamu tidak mempunyai perilaku yang mencerminkan
persatuan dan kesatuan di rumah?
17. Siswa bersama dengan kelompoknya yang terdiri
dari 3 – 4 siswa, mengidentifikasi akibat-akibat yang akan terjadi apabila
tidak ada rasa persatuan dan kesatuan.(mencoba,mengasosiasi)
18. Siswa berdiskusi dan menggunakan keterampilan
menanya dalam mencari informasi tentang akibat-akibat yang akan terjadi
apabila tidak ada rasa persatuan dan kesatuan. (menanya,mencoba,mengasosiasi)
19. Masing – masing kelompok merepresentasikan
hasil diskusinya di depan kelas (mengkomunikasikan)
20. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru bahwa
sikap menjaga persatuan dan kesatuan bisa juga bisa dilakukan di lingkup yang
lebih luas yaitu dalam lingkup antar negara.Salah satu tindakan yang dapat dilakukan
antara lain melalui kegiatan kerjasama dalam bidang perdagangan (mengamati)
21. Siswa membaca teks bacaan di buku siswa tema
3 halaman 96 (mengamati)
22. Siswa dibagi kedalam kelompok yang terdiri
dari 3-4 siswa.
23. Siswa diminta untuk menggali informasi
melalui buku, majalah atau internet.(mencoba,mengasosiasi)
24. Masing – masing kelompok membandingkan
informasi yang telah dikumpulkan dengan kelompok lain (mengasosiasi)
25. Masing – masing kelompok dapat menambah
informasi yang belum lengkap dari kelompok lain (mengasosiasi)
26. Masing – masing kelompok merepresentasikan
hasil kerja kelompok di depan kelas (mengkomunikasikan)
|
155 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang skala,perilaku menjaga persatuan dan
kesatuan di rumah serta manfaat kerjasama ekonomi di bidang politik
2.
Siswa
bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar yang baru dilakukan
3.
Guru memberikan tindak lanjut (kerjasama dengan orang tua)
4.
Salah satu siswa memimpin doa di akhir pembelajaran
|
10 menit
|
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap :
sikap spiritual : rasa syukur
sikap sosial :rasa ingin
tahu,mandiri,percaya diri
b. Penilaian
Pengetahuan : tes tulis
c. Penilaian
Keterampilan : unjuk kerja
2. Instrument
Penilaian
a. Penilaian Sikap
Lembar
Observasi Penilaian Sikap Spiritual (Syukur)
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Tanggal Observasi :
Sub Tema :
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Mengucapkan salam
ketika bertemu dengan orang lain
|
||||
2.
|
Menggunakan bahasa
yang baik dalam pergaulan
|
||||
3.
|
Mengucapkan syukur
ketika mendapatkan sesuatu
|
Lembar Penilaian Diri Sikap Sosial
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Sub Tema :
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Saya melakukan segala sesuatu tanpa ragu-ragu
|
||||
2
|
Saya berani mengambil keputusan secara cepat
dan bisa dipertanggungjawabkan
|
||||
3
|
Saya tidak mudah putus asa
|
||||
4
|
Saya berani menunjukkan kemampuan yang dimiliki
di depan orang banyak
|
||||
5
|
Saya berani mencoba hal-hal yang baru
|
b. Penilaian
Pengetahuan
Muatan
Pelajaran 1
Perhatikan denah di atas.
1. Bagaimana
rute perjalanan Beni seperti ditunjukkan oleh arah panah? Jelaskan dengan
menyebutkan arah mata angin yang sesuai!
2. Apabila
dilihat dari Taman Kota, di sebelah manakah Restoran Enak?
3. Bangunan
apa saja yang terletak di sebelah utara Jalan Pemuda?
4. Di
arah manakah letak toko elektronik Cahaya dari rumah Beni?
5. Bangunan
apa yang terletak di sebelah selatan Jalan Pemuda?
6.Jika skala denah tersebut 1 : 50.000, ukurlah
jarak tempat-tempat berikut, lalu hitunglah jarak sebenarnya.
Kunci
Jawaban :
1.
Dari
rumah,Beni menujuke arah timur.Sampai perempatan pertama ia belok ke
utara.Sesampai di perempatan lagi belok ke arah timur melewati jalan Pemuda
hingga ke bundaran.Kemudian terus ke timur menuju keluar kota
2.
Sebelah timur
3.
Kantor PT
Usaha Jaya,Toko Buku,SMAN 1,Kantor Pos
4.
Di arah timur
5.
Rumah sakit
dan masjid raya
6.
No.
|
Tempat
|
Jarak
pada Denah
|
Jarak sesungguhnya
|
1.
|
Rumah Beni – Rumah
Sakit
|
8
cm
|
4 km
|
2.
|
Kantor PT Usaha
Jaya - Bundaran
|
6
cm
|
3 km
|
3.
|
Rumah Sakit –
Masjid Raya
|
3
cm
|
1,5 km
|
4.
|
Toko Buku – Kantor
Pos
|
2
cm
|
1 km
|
5.
|
Rumah Beni – SMPN 5
|
10
km
|
5 km
|
Muatan
Pelajaran 2
Apa
akibatnya jika tidak ada sikap persatuan dan ke satuan di rumah? Tuliskan dalam
kotak berikut.
Apa
yang akan kamu lakukan untuk meningkatkan penerapan persatuan dan kesatuan di
rumah? Tuliskan dalam kotak berikut.
Kunci
Jawaban :
Akibat
tidak adanya rasa persatuan dan kesatuan di rumah :
a. Antar anggota keluarga saling bermusuhan
b.
Keluarga menjadi kurang harmonis
Cara
meningkatkan penerapan persatuan dan kesatuan di rumah :
a. Beribadah
bersama keluarga,
b. Menciptakan
suasana kehidupan keluarga yang tertib, dinamis, intim dan bahagia serta saling
menghargai,
c. Saling
mencintai dan tolong menolong,
d. Mengakui
keberadaan, fungsi, atau kedudukan tiap-tiap anggota keluarga,
e. Menghargai pendapat anggota keluarga yang
lain.
Muatan
Pelajaran 3
Kunci
Jawaban :
Perdagangan
antar negara sangat penting untuk dilakukan karena bisa mempererat hubungan politik
antar negara. Sebaliknya, hubungan politik juga bisa mempererat hubungan
dagang. Perdagangan internasional juga berfungsi untuk pertahanan keamanan.
Misalnya, suatunegara nonnuklir mau mengembangkan senjata nuklir. Negara ini
dapat ditekan dengan dikenai sanksi ekonomi. Artinya, negara lain tidak
diperbolehkan menjalin hubungan dagang dengan negara tersebut. Biasanya upaya
seperti ini harus dengan persetujuan PBB. Hal ini dilakukan demi terciptanya
keamanan dunia.
c.
Penilaian Keterampilan
Format
Penilaian Keterampilan Presentasi
Nama
Peserta Didik :
Kelas :
Tanggal
Penilaian :
Sub
Tema :
No
|
Aspek
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Tata Bahasa
|
||||
2.
|
Sikap
|
||||
3.
|
Keterampilan
Berbicara
|
Rubrik
Presentasi
Format
Penilaian Keterampilan Essay
Nama
Peserta Didik :
Kelas :
Tanggal
Penilaian :
Sub
Tema :
No
|
Aspek
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Pengetahuan
|
||||
2.
|
Kemandirian dan
Manajemen Waktu
|
||||
3.
|
Keterampilan
|
Rubrik
Essay
Format
Penilaian Keterampilan Menghitung Jarak Sebenarnya dari Skala yang ditentukan
Nama
Peserta Didik :
Kelas :
Tanggal
Penilaian :
Sub
Tema :
No
|
Aspek
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kemampuan Berhitung
|
||||
2.
|
Ketelitian
|
Rubrik
Menghitung Jarak Sebenarnya dari Skala yang ditentukan
G.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat : Gambar Denah
2. Bahan : -
3. Sumber Belajar :
Buku Siswa Kelas V
Tema 3 “Kerukunan dalam Bermasyarakat” halaman 94 – 97
Buku Guru Kelas V Tema 3 “Kerukunan dalam Bermasyarakat”
halaman 142 – 149
Tulungagung,……………..2014
Mengetahui Guru Kelas V
Kepala Sekolah
-------------------------- --------------------------------
NIP NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar