Menu blog

Rabu, 15 Oktober 2014

Contoh RPP

Bentuk RPP sesuai dengan Permendikbud No.57 tahun 2014 tentang struktur kurikulum SD / MI pada lampiran III,secara operasional diwujudkan dalam bentuk format berikut ini.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                      :  ……………………
Mata Pelajaran           :  Tematik
Kelas / Semester        :  V (lima) / I ( satu )
Materi Pembelajaran  :  Tema 3/ Sub Tema 3/ Pembelajaran 3
Alokasi Waktu            :  1 x pertemuan  ( 5 x 35 menit )
                                  
A.   Kompetensi Inti
1.       Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan bendabenda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.   Kompetensi Dasar
        PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan  Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.4 Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di  rumah, sekolah, dan masyarakat
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan  masyarakat
4.4  Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan  masyarakat
Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa  Indonesia    yang   diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada  bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2  Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya
2.4 Memiliki kesetiaan, dan kebanggaan terhadap keutuhan wilayah nusantara Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Matematika
2.3 Menunjukkan perilaku adil dalam membuat pola pergeseran tempat duduk secara bergiliran dengan menggunakan gambar denah tempat duduk di kelas
2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin dan bertanggung jawab dalam melakukan pengumpulan data, pengolahan data, dan melaporkan hasil pengamatan
3.4 Mengenal konsep perbandingan dan skala
4.8 Menggambar denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai kemungkinan lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah mata angin
C.  Indikator
     PPKn
1.2.1   Menunjukkan rasa syukur atas kebersamaan dalam keberagaman di lingkungan rumah
2.4.1  Menunjukkan perilaku cinta tanah air dalam kehidupan di rumah
3.3.1  Menjelaskan akibat – akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di rumah
4.3.1 Membuat ikrar untuk meningkatkan penerapan persatuan dan kesatuan di rumah
Bahasa Indonesia
1.1.1 Menunjukkan rasa syukur atas adanya bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu
1.2.1  Menunjukkan rasa syukur atas terpenuhinya kebutuhan ekonomi dari kegiatan perdagangan
2.4.1 Menunjukkan sikap bangga terhadap kekayaan alam Indonesia melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia.
3.3.1  Menjelaskan manfaat perdagangan internasional dalam bidang politik
4.3.1 Memaparkan pentingnya kegiatan perdagangan internasional dalam bidang politik bagi Indonesia
Matematika
2.3.1 Menunjukkan sikap teliti dalam mengamati  denah
2.4.1 Menunjukkan sikap jujur dalam mengerjakan tugas yang diberikan
3.4.1 Menjelaskan pengertian skala
3.4.2 Memecahkan masalah sederhana yang melibatkan pecahan
4.8.1 Menentukan letak benda atau tempat dari denah atau peta yang diberikan
4.8.2 Menggambar denah sederhana dengan skala
D. Materi Pembelajaran
         1. Sikap menjaga persatuan dan kesatuan
             Sikap menjaga persatuan dan kesatuan dimulai dari keluarga atau di                    rumah. Apa akibatnya jika tidak ada sikap persatuan dan ke satuan di                  rumah?
             Akibat-akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di rumah:
             a.  Antar anggota keluarga saling bermusuhan

b. Keluarga menjadi kurang harmonis
Karena dalam keluarga terdiri dari beberapa orang yang memiliki karakter berbeda-beda, maka kita tidak boleh melakukan perbuatan yang dapat menimbulkan perpecahan. Oleh karena itu yang harus kita lakukan hal berikut antara lain:
a.    Beribadah bersama keluarga,
b.  Menciptakan suasana kehidupan keluarga yang tertib, dinamis, intim dan bahagia serta saling menghargai,
c.    Saling mencintai dan tolong menolong,
d. Mengakui keberadaan, fungsi, atau kedudukan tiap-tiap anggota keluarga,
e.    Menghargai pendapat anggota keluarga yang lain.

2. Manfaat Perdagangan Internasional dalam Bidang Politik
Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Perdagangan internasional juga bermanfaat di bidang politik. Perdagangan antar negarabisa mempererat hubungan politik antar negara. Sebaliknya, hubungan politik juga bisa mempererat hubungan dagang. Perdagangan internasional juga berfungsi untuk pertahanan keamanan. Misalnya, suatunegara nonnuklir mau mengembangkan senjata nuklir. Negara ini dapat ditekan dengan dikenai sanksi ekonomi. Artinya, negara lain tidak diperbolehkan menjalin hubungan dagang dengan negara tersebut. Biasanya upaya seperti ini harus dengan persetujuan PBB. Hal ini dilakukan demi terciptanya keamanan dunia. 
     3. Skala
Skala  adalah  perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak  sebenarnya ( sesungguhnya ). Skala biasanya digunakan pada peta atau denah. Skala peta dapat digunakan sebagai pedoman penghitungan untuk menentukan jarak maupun luas wilayah. Skala 1 : 100.000, skala 1 : 2.000.000 dan sebagainya Bila peta berskala
    1 : 100.000 berarti tiap satuan panjang pada peta menggambarkan jarak yang sesungguhnya di lapangan/di muka bumi sebenarnya 100.000 kali satu satuan panjang di peta. Bila satuan panjang menggunakan cm berarti tiap jarak 1 cm pada peta menggambarkan jarak 100.000 di lapangan. 
            

E. Langkah – langkah Pembelajaran
     
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1. Guru   mengucapkan salam dan menanyakan kabar mereka
2.   Guru     meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa
3.   Guru   memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan
4.  Siswa   mendengarkan   penjelasan   dari guru tentang kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami
10 menit
Inti
1.  Siswa    diminta    untuk mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa tema 3 halaman 94 (mengamati)
2.   Siswa        diminta          memberikan pendapatnya tentang gambar tersebut  
3.   Siswa    mengingat     kembali tentang denah rumah, mengapa denah dibuat, untuk apa denah digunakan, bagaimana menggunakan denah.(mencoba)
4.   Siswa         menjawab       pertanyaan arahan dari guru seperti: Bagaimana cara mencapai rumah Beni dari Kantor Pos? Dimana letak SMPN 5? (mencoba)
6.   Siswa     diminta     untuk   menjawab pertanyaan di buku siswa dengan benar berdasarkan hasil pengamatannya.(mencoba,mengasosiasi)
7.   Siswa    diminta    untuk    mengamati kembali gambar denah (mengamati)
8.   Siswa    diminta    mengulang kembali pembelajaran tentang konsep perbandingan.
9.   Siswa diminta mengulang kembali cara menghitung menggunakan skala perbandingan.(mengumpulkan informasi)
10. Siswa     dengan     bimbingan    guru memahami kembali tentang konsep perbandingan.(mengumpulkan informasi)
11. Siswa   dengan   guru bertanya jawab tentang skala
12. Siswa    diminta   untuk    berlatih mengerjakan soal pada buku siswa (mencoba,mengasosiasi)
13. Beberapa siswa diminta ke depan kelas untuk menuliskan hasil pekerjaan mereka (mengkomunikasikan)
14. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru bahwa skala selain digunakan pada denah juga digunakan pada peta.Selanjutnya guru menujukkan peta Indonesia yang memiliki wialayah yang luas.Agar wilayahnya tetap utuh dan aman maka diperlukan adanya rasa persatuan dan kesatuan.Sikap menjaga persatuan dan kesatuan dapat dimulai dari lingkungan rumah (mengamati)
15. Siswa   diminta   untuk menjelaskan pentingnya perilaku menjaga persatuan dan kesatuan.(mengkomunikasikan)
16. Siswa   menjawab pertanyaan arahan dari guru, seperti: Apa akibatnya jika kamu tidak mempunyai perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di rumah?
17. Siswa   bersama   dengan kelompoknya yang terdiri dari 3 – 4 siswa, mengidentifikasi akibat-akibat yang akan terjadi apabila tidak ada rasa persatuan dan kesatuan.(mencoba,mengasosiasi)
18. Siswa   berdiskusi   dan menggunakan keterampilan menanya dalam mencari informasi tentang akibat-akibat yang akan terjadi apabila tidak ada rasa persatuan dan kesatuan. (menanya,mencoba,mengasosiasi)
19. Masing   –   masing     kelompok merepresentasikan hasil diskusinya di depan kelas (mengkomunikasikan)
20. Siswa   mendengarkan penjelasan dari guru bahwa sikap menjaga persatuan dan kesatuan bisa juga bisa dilakukan di lingkup yang lebih luas yaitu dalam lingkup antar negara.Salah satu tindakan yang dapat dilakukan antara lain melalui kegiatan kerjasama dalam bidang perdagangan (mengamati)
21. Siswa membaca teks bacaan di buku siswa tema 3 halaman 96 (mengamati)
22. Siswa dibagi kedalam kelompok yang terdiri dari 3-4 siswa.
23. Siswa   diminta   untuk    menggali informasi melalui buku, majalah atau internet.(mencoba,mengasosiasi)
24. Masing   –    masing     kelompok membandingkan informasi yang telah dikumpulkan dengan kelompok lain (mengasosiasi)
25. Masing –    masing    kelompok dapat menambah informasi yang belum lengkap dari kelompok lain (mengasosiasi)
26. Masing    –    masing    kelompok merepresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas (mengkomunikasikan)

155 menit
Penutup
1.     Siswa      bersama    guru    membuat kesimpulan tentang skala,perilaku menjaga persatuan dan kesatuan di rumah serta manfaat kerjasama ekonomi di bidang politik
2.     Siswa bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar yang baru dilakukan
3.     Guru    memberikan    tindak     lanjut (kerjasama dengan orang tua)
4.     Salah    satu     siswa memimpin doa di akhir pembelajaran
10 menit

F. Penilaian
1. Teknik Penilaian        
a. Penilaian Sikap : sikap spiritual : rasa syukur
                               sikap sosial :rasa ingin tahu,mandiri,percaya diri
b. Penilaian Pengetahuan : tes tulis
c. Penilaian Keterampilan : unjuk kerja
2. Instrument Penilaian
     a. Penilaian Sikap
Lembar Observasi Penilaian Sikap Spiritual (Syukur)

           Nama Peserta Didik        :
           Kelas                              :
           Tanggal Observasi          :
           Sub Tema                       :
No.
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1.
Mengucapkan salam ketika bertemu dengan orang lain




2.
Menggunakan bahasa yang baik dalam pergaulan




3.
Mengucapkan syukur ketika mendapatkan sesuatu






Lembar  Penilaian Diri Sikap Sosial

           Nama Peserta Didik        :
           Kelas                              :
           Sub Tema                       :
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Saya melakukan segala sesuatu tanpa ragu-ragu




2
Saya berani mengambil keputusan secara cepat dan bisa dipertanggungjawabkan




3
Saya tidak mudah putus asa




4
Saya berani menunjukkan kemampuan yang dimiliki di depan orang banyak




5
Saya berani mencoba hal-hal yang baru





b.   Penilaian Pengetahuan
      Muatan Pelajaran 1
                   

Perhatikan denah di atas.
1. Bagaimana rute perjalanan Beni seperti ditunjukkan oleh arah panah? Jelas­kan dengan menyebutkan arah mata angin yang sesuai!
2. Apabila dilihat dari Taman Kota, di sebelah manakah Restoran Enak?
3. Bangunan apa saja yang terletak di sebelah utara Jalan Pemuda?
4. Di arah manakah letak toko elektronik Cahaya dari rumah Beni?
5. Bangunan apa yang terletak di sebelah selatan Jalan Pemuda?
6.Jika skala denah tersebut 1 : 50.000, ukurlah jarak tempat-tempat berikut, lalu hitunglah jarak sebenarnya.
            

          Kunci Jawaban :
1.   Dari rumah,Beni menujuke arah timur.Sampai perempatan pertama ia belok ke utara.Sesampai di perempatan lagi belok ke arah timur melewati jalan Pemuda hingga ke bundaran.Kemudian terus ke timur menuju keluar kota
2.   Sebelah timur
3.   Kantor PT Usaha Jaya,Toko Buku,SMAN 1,Kantor Pos
4.   Di arah timur
5.   Rumah sakit dan masjid raya
6.    
No.
Tempat
Jarak pada Denah
Jarak sesungguhnya
1.
Rumah Beni – Rumah Sakit
8 cm
4 km
2.
Kantor PT Usaha Jaya - Bundaran
6 cm
3 km
3.
Rumah Sakit – Masjid Raya
3 cm
1,5 km
4.
Toko Buku – Kantor Pos
2 cm
1 km
5.
Rumah Beni – SMPN 5
10 km
5 km


         Muatan Pelajaran 2
         Apa akibatnya jika tidak ada sikap persatuan dan ke satuan di rumah?                  Tuliskan dalam kotak berikut.
       

        Apa yang akan kamu lakukan untuk meningkatkan penerapan persatuan               dan          kesatuan di rumah? Tuliskan dalam kotak berikut.
          
     


        Kunci Jawaban :
        Akibat tidak adanya rasa persatuan dan kesatuan di rumah :
        a.  Antar anggota keluarga saling bermusuhan
        b. Keluarga menjadi kurang harmonis
        Cara meningkatkan penerapan persatuan dan kesatuan di rumah :
a.  Beribadah bersama keluarga,
b.  Menciptakan suasana kehidupan keluarga yang tertib, dinamis, intim dan bahagia serta saling menghargai,
c.  Saling mencintai dan tolong menolong,
d.  Mengakui keberadaan, fungsi, atau kedudukan tiap-tiap anggota keluarga,
e.  Menghargai pendapat anggota keluarga yang lain.

         Muatan Pelajaran 3
       


Kunci Jawaban :
Perdagangan antar negara sangat penting untuk dilakukan karena bisa mempererat hubungan politik antar negara. Sebaliknya, hubungan politik juga bisa mempererat hubungan dagang. Perdagangan internasional juga berfungsi untuk pertahanan keamanan. Misalnya, suatunegara nonnuklir mau mengembangkan senjata nuklir. Negara ini dapat ditekan dengan dikenai sanksi ekonomi. Artinya, negara lain tidak diperbolehkan menjalin hubungan dagang dengan negara tersebut. Biasanya upaya seperti ini harus dengan persetujuan PBB. Hal ini dilakukan demi terciptanya keamanan dunia.


c. Penilaian Keterampilan

Format Penilaian Keterampilan Presentasi
    Nama Peserta Didik        :
    Kelas                              :
    Tanggal Penilaian          :
    Sub Tema                       :
No
Aspek
Skor
4
3
2
1
1.
Tata Bahasa




2.
Sikap




3.
Keterampilan Berbicara





Rubrik Presentasi

Format Penilaian Keterampilan Essay
   Nama Peserta Didik        :
   Kelas                              :
   Tanggal Penilaian           :
   Sub Tema                       :
No
Aspek
Skor
4
3
2
1
1.
Pengetahuan




2.
Kemandirian dan Manajemen Waktu




3.
Keterampilan





Rubrik Essay

Format Penilaian Keterampilan Menghitung Jarak Sebenarnya dari Skala yang ditentukan

   Nama Peserta Didik        :
   Kelas                              :
   Tanggal Penilaian           :
   Sub Tema                       :
No
Aspek
Skor
4
3
2
1
1.
Kemampuan Berhitung




2.
Ketelitian






Rubrik Menghitung Jarak Sebenarnya dari Skala yang ditentukan


G. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.  Media/alat         : Gambar Denah
2.  Bahan                : -
3.  Sumber Belajar  :
Buku Siswa Kelas V  Tema 3 “Kerukunan dalam Bermasyarakat” halaman 94 – 97
Buku Guru Kelas V Tema 3 “Kerukunan dalam Bermasyarakat” halaman 142 – 149

                                                       Tulungagung,……………..2014
       Mengetahui                              Guru Kelas V
    Kepala Sekolah



--------------------------                        --------------------------------

NIP                                                  NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar