LATIHAN SOAL UKG
1. Landasan pengembangan kurikulum pada dasarnya berkaitan dengan … .
a. prinsip – prinsip dasar yang harus dijadikan bahan pertimbangan dalam pengembangan kurikulum satuan pendidikan
b. faktor – faktor yang harus dipertimbangkan dalam mengembangkan kurikulum satuan pendidikan
c. komponen – komponen yang menjadi landasan dalam penyusunan kurikulum satuan pendidikan
d. beberapa model yang dapat diterapkan pada saat pelaksanaan kurikulum oleh guru di tingkat satuan pendidikan
2. Landasan utama dalam pengembangan kurikulum satuan pendidikan adalah landasan … .
a. psikologis
b. sosiologis
c. filosofis
d. teknologis
3. Prinsip yang menyatakan bahwa tujuan merupakan arah bagi pengembangan komponen – komponen lainnya dalam pengembangan kurikulum adalah … .
a. berorientasi pada tujuan
b. fleksibilitas
c. kontinuitas
d. integritas
4. Materi pelajaran harus diorganisasikan sedemikian rupa agar ada kesesuaian antara materi yang diajarkan di SD,SLTP,dan SLTA.Pernyataan ini merupakan prinsip … .
a. berorientasi pada tujuan
b. fleksibilitas
c. kontinuitas
d. integritas
5. Agar tidak terjadi overlapping materi pelajaran pada tingkat,jenis,dan jenjang sekolah atau sesama mata pelajaran,pengembangan kurikulum dilakukan dengan prinsip … .
a. berorientasi pada tujuan
b. fleksibilitas
c. kontinuitas
d. integritas
6. Apabila siswa dapat memilih program pendidikan yang disediakan oleh sekolah sesuai dengan minat dan bakatnya,maka pengembangan kurikulum menerapkan prinsip … .
a. berorientasi pada tujuan
b. fleksibilitas
c. kontinuitas
d. integritas
7. Guru diberi kewenangan memilih dan menggunakan media pembelajaran sesuai dengan kondisi nyata yang ada,merupakan salah satu kelebihan dari pengembangan kurikulum yang menerapkan prinsip … .
a. berorientasi pada tujuan
b. fleksibilitas
c. kontinuitas
d. integritas
8. Kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu mengarahkan siswa agar memiliki sifat well adjusted yaitu mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan.Hal ini mengandung arti bahwa kurikulum memiliki fungsi … .
a. integrasi
b. diferensiasi
c. penyesuaian
d. diagnostik
a. berorientasi pada tujuan
b. fleksibilitas
c. kontinuitas
d. integritas
4. Materi pelajaran harus diorganisasikan sedemikian rupa agar ada kesesuaian antara materi yang diajarkan di SD,SLTP,dan SLTA.Pernyataan ini merupakan prinsip … .
a. berorientasi pada tujuan
b. fleksibilitas
c. kontinuitas
d. integritas
5. Agar tidak terjadi overlapping materi pelajaran pada tingkat,jenis,dan jenjang sekolah atau sesama mata pelajaran,pengembangan kurikulum dilakukan dengan prinsip … .
a. berorientasi pada tujuan
b. fleksibilitas
c. kontinuitas
d. integritas
6. Apabila siswa dapat memilih program pendidikan yang disediakan oleh sekolah sesuai dengan minat dan bakatnya,maka pengembangan kurikulum menerapkan prinsip … .
a. berorientasi pada tujuan
b. fleksibilitas
c. kontinuitas
d. integritas
7. Guru diberi kewenangan memilih dan menggunakan media pembelajaran sesuai dengan kondisi nyata yang ada,merupakan salah satu kelebihan dari pengembangan kurikulum yang menerapkan prinsip … .
a. berorientasi pada tujuan
b. fleksibilitas
c. kontinuitas
d. integritas
8. Kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu mengarahkan siswa agar memiliki sifat well adjusted yaitu mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan.Hal ini mengandung arti bahwa kurikulum memiliki fungsi … .
a. integrasi
b. diferensiasi
c. penyesuaian
d. diagnostik
9. Kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu menghasilkan pribadi – pribadi yang utuh. Hal ini mengandung arti bahwa kurikulum memiliki fungsi … .
a. integrasi
b. diferensiasi
c. penyesuaian
d. diagnostik
10. Kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu memberikan pelayanan terhadap perbedaan individu siswa. Hal ini mengandung arti bahwa kurikulum memiliki fungsi … .
a. integrasi
b. diferensiasi
c. penyesuaian
d. pemilihan
11. Kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu mempersiapkan siswa untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan berikutnya.
Hal ini mengandung arti bahwa kurikulum memiliki fungsi … .
a. integrasi
b. diferensiasi
c. persiapan
d. pemilihan
12. Kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih program – program belajar yang sesuai dengan kemampuan dan minatnya.
Hal ini mengandung arti bahwa kurikulum memiliki fungsi … .
a. integrasi
b. diferensiasi
c. persiapan
d. pemilihan
13. Kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu membantu dan mengarahkan siswa untuk dapat memahami dan menerima kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya.
Hal ini mengandung arti bahwa kurikulum memiliki fungsi … .
a. integrasi
b. diferensiasi
c. persiapan
d. diagnostik
14. Kurikulum dapat dijadikan sarana untuk menstransmisikan atau mewariskan nilai – nilai budaya masa lau yang dianggap masih relevan dengan masa kini kepada generasi muda,dalam hal ini para siswa sekolah dasar.Hal ini mengandung pengertian bahwa kurikulum memiliki peranan … .
a. konservatif
b. kreatif
c. evaluatif
d. inovatif
15. Kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan – kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan masa mendatang.
Hal ini mengandung pengertian bahwa kurikulum memiliki peranan … .
a. konservatif
b. kreatif
c. evaluatif
d. inovatif
16. Kurikulum memiliki peranan untuk menilai dan memilih nilai budaya serta pengetahuan baru yang akan diwariskan.
Hal ini mengandung pengertian bahwa kurikulum memiliki peranan … .
a. konservatif
b. kreatif
c. kritis dan evaluatif
d. inovatif
17. Orang yang pekerjaan kesehariannya bertani disebut petani.Tetapi, tak ada seorangpun yang dapat menjelaskan alasan mengapa profesi seperti itu dinamai petani.Tak ada hubungan langsung dan wajib antara nama dengan suatu perbuatan yang dinamainya.Dengan demikian bahasa itu bersifat …
a. konvensional
b. arbiter
c. sistematis
d. simbolis
18. Bahasa terdiri dari sejumlah unsur yang saling terkait dan tertata secara berurutan,serta memiliki makna.Unsur – unsur bahasa diatur seperti pola yang berulang.Kalau salah satu bagian terdeteksi,maka keseluruhan bagiannya dapat diramalkan.Dengan demikian bahasa itu bersifat …
a. arbiter
b. produktif
c. sistematis
d. variatif
19. Proses pemilikan kemampuan berbahasa yang diperoleh secara alami,informal,dan melalui kegiatan berbahasa langsung disebut dengan … .
a. pembelajaran bahasa
b. pemerolehan bahasa
c. penggunaan bahasa
d. pemilikan bahasa
20. Pada tahap ini,bunyi – bunyi bahasa yang dihasilkan akan semakin mendekati bunyi vocal atau konsonan tertentu.Pemerolehan bahasa pada tahap ini disebut dengan … .
a. pralinguistik
b. satu kata / holofrasis
c. dua kata
d. telegrafis
21. Pada usia 12 – 18 bulan,tahap ini anak menggunakan satu kata yang bermakna mewakili keseluruhan ide yang disampaikannya. Pemerolehan bahasa pada tahap ini disebut dengan … .
a. pralinguistik
b. satu kata / holofrasis
c. dua kata
d. telegrafis
22. Fase ini berlangsung sewaktu anak berusia 18 – 24 bulan,dimana kosakata dan gramatika anak berkembang dengan cepat,seiring dengan kematangan otak dan alat ucapnya.Tahap ini disebut dengan … .
a. pralinguistik
b. satu kata / holofrasis
c. dua kata
d. telegrafis
23. Pada usia antara 2 – 3 tahun anak telah menghasilkan ujaran dalam bentuk kalimat – kalimat pendek dan variasi bentuk kata.Tahap ini disebut dengan … .
a. pralinguistik
b. satu kata / holofrasis
c. dua kata
d. telegrafis
24. Berikut ini faktor – faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa anak,kecuali … .
a. biologis
b. lingkungan sosial
c. intelegensi
d. inisiatif
25. Penilaian keseluruhan program pendidikan mulai perencanaan suatu program subtansi pendidikan termasuk kurikulum dan penilaian (assessment) serta pelaksanaannya,pengadaan dan peningkatan kemampuan guru,manajemen pendidikan,dan reformasi pendidikan secara keseluruhan merupakan pengertian dari … .
a. pengukuran
b. penilaian
c. evaluasi
d. tes
26. Pak Tono memberi angka 7 pada pada saat ulangan harian mata pelajaran IPA.Yang dilakukan Pak Tono termasuk dalam kegiatan … .
a. tes
b. pengukuran
c. asesmen
d. evaluasi
27. Berdasarkan data – data yang telah terkumpul dari hasil belajar Tini pada mata pelajaran Bahasa Indonesia,Bu Dewi menyatakan bahwa Tini mengalami hambatan pada saat membuat paragraph yang baik.Kegiatan yang dilakukan oleh Bu Dewi termasuk dalam rangkaian kegiatan … .
a. tes
b. pengukuran
c. asesmen
d. evaluasi
28. Jenis tes yang bertujuan untuk menempatkan peserta program pada tempat yang sesuai dengan kemampuannya adalah … .
a. tes seleksi
b. tes penempatan
c. pre test dan post test
d. tes diagnostic
29. Tujuan diadakannya tes seleksi adalah … .
a. mencapai tujuan program
b. mengisi formasi
c. memilih peserta program
d. mengelompokkan peserta program
30. Kesulitan belajar siswa dapat diketahui dengan melakukan … .
a. pre test
b. post test
c. diagnostic test
d. formatif test
31. Bagi guru,hasil tes sumatif akan bermanfaat untuk … .
a. menilai keberhasilan siswa
b. memperbaiki kualitas program pembelajaran
c. memonitor kemajuan belajar siswa
d. menentukan minat siswa
32. Hal mendasar tentang perbedaan tes dan non tes adalah … .
a. tes menghendaki respon yang benar atau salah dari siswa,sedangkan non tes tidak memerlukan jawaban benar atau salah dari siswa.
b. tes dapat mengukur sebagian besar kemampuan siswa sedangkan non tes hanya sebagian kecil saja.
c. tes dapat diukur dengan angka sedangkan non tes tidak
d. tes dapat dilakukan terhadap individu sedangkan non tes dapat dilakukan terhadap tugas individu maupun kelompok
a. pralinguistik
b. satu kata / holofrasis
c. dua kata
d. telegrafis
21. Pada usia 12 – 18 bulan,tahap ini anak menggunakan satu kata yang bermakna mewakili keseluruhan ide yang disampaikannya. Pemerolehan bahasa pada tahap ini disebut dengan … .
a. pralinguistik
b. satu kata / holofrasis
c. dua kata
d. telegrafis
22. Fase ini berlangsung sewaktu anak berusia 18 – 24 bulan,dimana kosakata dan gramatika anak berkembang dengan cepat,seiring dengan kematangan otak dan alat ucapnya.Tahap ini disebut dengan … .
a. pralinguistik
b. satu kata / holofrasis
c. dua kata
d. telegrafis
23. Pada usia antara 2 – 3 tahun anak telah menghasilkan ujaran dalam bentuk kalimat – kalimat pendek dan variasi bentuk kata.Tahap ini disebut dengan … .
a. pralinguistik
b. satu kata / holofrasis
c. dua kata
d. telegrafis
24. Berikut ini faktor – faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa anak,kecuali … .
a. biologis
b. lingkungan sosial
c. intelegensi
d. inisiatif
25. Penilaian keseluruhan program pendidikan mulai perencanaan suatu program subtansi pendidikan termasuk kurikulum dan penilaian (assessment) serta pelaksanaannya,pengadaan dan peningkatan kemampuan guru,manajemen pendidikan,dan reformasi pendidikan secara keseluruhan merupakan pengertian dari … .
a. pengukuran
b. penilaian
c. evaluasi
d. tes
26. Pak Tono memberi angka 7 pada pada saat ulangan harian mata pelajaran IPA.Yang dilakukan Pak Tono termasuk dalam kegiatan … .
a. tes
b. pengukuran
c. asesmen
d. evaluasi
27. Berdasarkan data – data yang telah terkumpul dari hasil belajar Tini pada mata pelajaran Bahasa Indonesia,Bu Dewi menyatakan bahwa Tini mengalami hambatan pada saat membuat paragraph yang baik.Kegiatan yang dilakukan oleh Bu Dewi termasuk dalam rangkaian kegiatan … .
a. tes
b. pengukuran
c. asesmen
d. evaluasi
28. Jenis tes yang bertujuan untuk menempatkan peserta program pada tempat yang sesuai dengan kemampuannya adalah … .
a. tes seleksi
b. tes penempatan
c. pre test dan post test
d. tes diagnostic
29. Tujuan diadakannya tes seleksi adalah … .
a. mencapai tujuan program
b. mengisi formasi
c. memilih peserta program
d. mengelompokkan peserta program
30. Kesulitan belajar siswa dapat diketahui dengan melakukan … .
a. pre test
b. post test
c. diagnostic test
d. formatif test
31. Bagi guru,hasil tes sumatif akan bermanfaat untuk … .
a. menilai keberhasilan siswa
b. memperbaiki kualitas program pembelajaran
c. memonitor kemajuan belajar siswa
d. menentukan minat siswa
32. Hal mendasar tentang perbedaan tes dan non tes adalah … .
a. tes menghendaki respon yang benar atau salah dari siswa,sedangkan non tes tidak memerlukan jawaban benar atau salah dari siswa.
b. tes dapat mengukur sebagian besar kemampuan siswa sedangkan non tes hanya sebagian kecil saja.
c. tes dapat diukur dengan angka sedangkan non tes tidak
d. tes dapat dilakukan terhadap individu sedangkan non tes dapat dilakukan terhadap tugas individu maupun kelompok
33. Sekumpulan pertanyaan atau tugas yang direncanakan untuk mengukur hasil belajar siswa disebut dengan … .
a. tes
b. non tes
c. assesmen
d. evaluasi
34. Sekumpulan tugas atau pertanyaan yang tidak memerlukan respon yang benar atau salah dari siswa disebut dengan … .
a. tes
b. non tes
c. assesmen
d. evaluasi
35. Pendekatan pembelajaran mengacu pada … .
a. proses pembelajaran yang akan dilaksanakan
b. langkah – langkah yang dirancang dalam pembelajaran
c. cara pandang terhadap pembelajaran
d. teori yang melandasi pembelajaran
36. Ilmu atau kiat yang digunakan untuk memanfaatkan sumber belajar dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran disebut … .
a. pendekatan pembelajaran
b. strategi pembelajaran
c. metode mengajar
d. teknik pembelajaran
37. Metode mengajar adalah … .
a. langkah – langkah yang dilakukan guru selama pembelajaran berlangsung
b. kiat – kiat yang digunakan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran
c. cara yang dipilih dan digunakan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran
d. landasan teoritis untuk menentukan cara mencapai tujuan pembelajaran
38. Langkah – langkah operasional untuk mencapai tujuan pembelajaran mengacu pada … .
a. metode mengajar
b. pendekatan pembelajaran
c. strategi pembelajaran
d. teknik pembelajaran
39. Kemampuan seseorang untuk menggunakan bahasa dan kata-kata, baik secara tertulis maupun lisan, dalam berbagai bentuk yang berbeda untuk mengekspresikan gagasan-gagasannya termasuk ke dalam kecerdasan … .
a. matematika logika
b. bahasa
c. musikal
d. interpersonal
40. Peserta didik jenis ini cenderung menyenangi kegiatan menganalisis dan mempelajari sebab akibat terjadinya sesuatu.Ia menyenangi berpikir secara konseptual, misalnya menyusun hipotesis
mengadakan kategorisasi dan klasifikasi terhadap apa yang dihadapinya.Peserta didik semacam ini memiliki kecerdasan … .
a. matematika logika
b. bahasa
c. musikal
d. interpersonal
41. Peserta didik jenis ini cenderung senang sekali mendengarkan nada dan irama yang indah, entah melalui senandung yang dilagukannya sendiri, mendengarkan tape recorder, radio, pertunjukan orkestra, atau alat musik dimainkannya sendiri.Peserta didik seperti ini memiliki kecerdasan … .
a. matematika logika
b. bahasa
c. musikal
d. interpersonal
a. proses pembelajaran yang akan dilaksanakan
b. langkah – langkah yang dirancang dalam pembelajaran
c. cara pandang terhadap pembelajaran
d. teori yang melandasi pembelajaran
36. Ilmu atau kiat yang digunakan untuk memanfaatkan sumber belajar dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran disebut … .
a. pendekatan pembelajaran
b. strategi pembelajaran
c. metode mengajar
d. teknik pembelajaran
37. Metode mengajar adalah … .
a. langkah – langkah yang dilakukan guru selama pembelajaran berlangsung
b. kiat – kiat yang digunakan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran
c. cara yang dipilih dan digunakan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran
d. landasan teoritis untuk menentukan cara mencapai tujuan pembelajaran
38. Langkah – langkah operasional untuk mencapai tujuan pembelajaran mengacu pada … .
a. metode mengajar
b. pendekatan pembelajaran
c. strategi pembelajaran
d. teknik pembelajaran
39. Kemampuan seseorang untuk menggunakan bahasa dan kata-kata, baik secara tertulis maupun lisan, dalam berbagai bentuk yang berbeda untuk mengekspresikan gagasan-gagasannya termasuk ke dalam kecerdasan … .
a. matematika logika
b. bahasa
c. musikal
d. interpersonal
40. Peserta didik jenis ini cenderung menyenangi kegiatan menganalisis dan mempelajari sebab akibat terjadinya sesuatu.Ia menyenangi berpikir secara konseptual, misalnya menyusun hipotesis
mengadakan kategorisasi dan klasifikasi terhadap apa yang dihadapinya.Peserta didik semacam ini memiliki kecerdasan … .
a. matematika logika
b. bahasa
c. musikal
d. interpersonal
41. Peserta didik jenis ini cenderung senang sekali mendengarkan nada dan irama yang indah, entah melalui senandung yang dilagukannya sendiri, mendengarkan tape recorder, radio, pertunjukan orkestra, atau alat musik dimainkannya sendiri.Peserta didik seperti ini memiliki kecerdasan … .
a. matematika logika
b. bahasa
c. musikal
d. interpersonal
42.Peserta didik ini memiliki kemampuan, misalnya, untuk menciptakan imajinasi bentuk dalam pikirannya atau kemampuan untuk menciptakan bentuk-bentuk tiga dimensi seperti dijumpai pada orang dewasa yang menjadi pemahat patung atau arsitek suatu bangunan. Peserta didik seperti ini memiliki kecerdasan … .
a. matematika logika
b. visual spasial
c. musikal
d. interpersonal
43.Kecerdasan ini dapat dijumpai pada peserta didik yang unggul pada salah satu cabang olahraga, seperti bulu tangkis, sepakbola, tenis, renang, dan sebagainya, atau bisa pula dijumpai pada peserta didik yang pandai menari, terampil bermain akrobat, atau unggul dalam bermain sulap.Jenis kecerdasan yang dimaksud adalah … .
a. matematika logika
b. visual spasial
c. kinestetik
d. interpersonal
44. Peserta didik jenis ini memiliki kemampuan menjalin persahabatan yang akrab dengan teman, juga mencakup kemampuan seperti memimpin, mengorganisir, menangani perselisihan antar teman, memperoleh simpati dari peserta didik yang lain.Peserta didik semacam ini memiliki kecerdasan jenis … .
a. matematika logika
b. visual spasial
c. intrapersonal
d. interpersonal
45.Peserta didik semacam ini senang melakukan instropeksi diri, mengoreksi kekurangan maupun kelemahannya, kemudian mencoba untuk memperbaiki diri. Beberapa diantaranya cenderung menyukai kesunyian dan kesendirian, merenung, dan berdialog dengan dirinya sendiri. Peserta didik semacam ini memiliki kecerdasan jenis … .
a. matematika logika
b. visual spasial
c. intrapersonal
d. interpersonal
46.Peserta didik dengan kecerdasan seperti ini cenderung suka mengobservasi lingkungan alam seperti aneka macam bebatuan, jenis-jenis lapisan tanah, aneka macam flora dan fauna, benda- benda angkasa, dan sebagainya.Peserta didik seperti ini memiliki kecerdasan … .
a. matematika logika
b. naturalis
c. intrapersonal
d. interpersonal
47.Menurut Jean Piaget yang mengemukakan teori tentang tahapan intelektual, pada tahap ini kemampuan skema kognitif terbatas. Anak suka meniru perilaku orang lain, mulai mampu menggunakan kata-kata yang benar dan kalimat pendek secara efektif.Fase ini disebut dengan … .
a. sensori motor
b. praoperasional
c. operasional konkrit
d. operasional formal
48.Pada tahap ini peserta didik mulai memahami aspek-aspek kumulatif materi. Sudah mampu berfikir sistematis mengenai benda-benda dan peristiwa konkret.Fase yang sedang terjadi adalah … .
a. sensori motor
b. praoperasional
c. operasional konkrit
d. operasional formal
49. Tujuan akhir dari kegiatan remedial adalah … .
a. menguasai kompetensi yang tercantum dalam kurikulum
b. memperoleh nilai tes yang lebih baik
c. mengetahui kekurangan dan kelebihan yang dimiliki
d. mendalami materi pelajaran yang telah dipelajari
50. Tujuan utama kegiatan pengayaan adalah … .
a. membantu siswa mencapai tingkat penguasaan yang diharapkan
b. mengembangkan potensi siswa secara optimal
c. mempercepat penguasaan siswa terhadap materi yang dipelajari
d. meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar
51. Kriteria utama dalam mengembangkan program pengayaan adalah kegiatan tersebut harus … .
a. merupakan kegiatan yang menyenangkan
b. menantang siswa untuk berpikir
c. mengembangkan kemampuan kognitif tinggi
d. berkaitan dengan bahan yang dipelajari
52. Salah satu prinsip perencanaan pembelajaran yaitu harus bersifat fleksibel.Maksudnya adalah … .
a. siswa harus dilibatkan secara langsung dalam penyusunan rencana pembelajaran
b. penyusunan perencanaan pembelajaran mempertimbangkan media yang tersedia
c. guru bisa mengubah – ubah rencana pembelajaran sesuai dengan kesenangannya
d. tidak terlalu terperinci sehingga dapat disesuaikan dengan situasi pembelajaran
53. Berikut ini merupakan prinsip – prinsip dalam penyusunan perencanaan pembelajaran,kecuali … .
a. perencanaan pembelajaran harus berdasarkan kondisi siswa
b. perencanaan pembelajaran harus merupakan urutan kegiatan pembelajaran yang sistematis
c. perencanaan pembelajaran dibuat dengan melibatkan siswa secara aktif
d. perencanaan pembelajaran harus mempertimbangkan waktu yang tersedia
54. Dalam satuan pembelajaran,kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan siswa dimasukkan ke
dalam komponen … .
a. materi pokok
b. penilaian pembelajaran
c. strategi pembelajaran
d. identitas mata pelajaran
a. menguasai kompetensi yang tercantum dalam kurikulum
b. memperoleh nilai tes yang lebih baik
c. mengetahui kekurangan dan kelebihan yang dimiliki
d. mendalami materi pelajaran yang telah dipelajari
50. Tujuan utama kegiatan pengayaan adalah … .
a. membantu siswa mencapai tingkat penguasaan yang diharapkan
b. mengembangkan potensi siswa secara optimal
c. mempercepat penguasaan siswa terhadap materi yang dipelajari
d. meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar
51. Kriteria utama dalam mengembangkan program pengayaan adalah kegiatan tersebut harus … .
a. merupakan kegiatan yang menyenangkan
b. menantang siswa untuk berpikir
c. mengembangkan kemampuan kognitif tinggi
d. berkaitan dengan bahan yang dipelajari
52. Salah satu prinsip perencanaan pembelajaran yaitu harus bersifat fleksibel.Maksudnya adalah … .
a. siswa harus dilibatkan secara langsung dalam penyusunan rencana pembelajaran
b. penyusunan perencanaan pembelajaran mempertimbangkan media yang tersedia
c. guru bisa mengubah – ubah rencana pembelajaran sesuai dengan kesenangannya
d. tidak terlalu terperinci sehingga dapat disesuaikan dengan situasi pembelajaran
53. Berikut ini merupakan prinsip – prinsip dalam penyusunan perencanaan pembelajaran,kecuali … .
a. perencanaan pembelajaran harus berdasarkan kondisi siswa
b. perencanaan pembelajaran harus merupakan urutan kegiatan pembelajaran yang sistematis
c. perencanaan pembelajaran dibuat dengan melibatkan siswa secara aktif
d. perencanaan pembelajaran harus mempertimbangkan waktu yang tersedia
54. Dalam satuan pembelajaran,kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan siswa dimasukkan ke
dalam komponen … .
a. materi pokok
b. penilaian pembelajaran
c. strategi pembelajaran
d. identitas mata pelajaran
55. Upaya membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial antara lain terlihat dari
upaya guru ... .
a. memberikan contoh pentingnya bersikap toleran
b. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat
c. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
d. mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa
56. Salah satu upaya guru dalam melaksanakan langkah - langkah perbaikan pembelajaran yang telah
dirancang melalui PTK adalah ... .
a. guru meyakini ada masalah dalam pembelajaran yang selama ini memerlukan peningkatan
b. guru melakukan intropeksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru
c. guru merancang upaya latihan mengerjakan soal - soal untuk persiapan ujian
d. guru mengevaluasi kembali rancangan mengatasi kelemahan yang ada
57. Hasil analisisi kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat digunakan
guru untuk ... .
a. mempertahankan kebiasaan mengajar karena sudah lama dan banyak pengalaman
b. mengusulkan penyediaan media pembelajaran yang canggih untuk meningkatkan pembelajaran
c. merancang ulang rancangan pembelajaran yang berdasarkan analisis terbukti memiliki
kelemahan
d. melakukan latihan tambahan berupa tes untuk para siswa
58. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal
tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut ... .
a. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang beredar
b. memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
c. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi
berikut instrumen tesnya yang sesuai
d. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal - soal yang
memiliki kesulitan tinggi
upaya guru ... .
a. memberikan contoh pentingnya bersikap toleran
b. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat
c. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
d. mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa
56. Salah satu upaya guru dalam melaksanakan langkah - langkah perbaikan pembelajaran yang telah
dirancang melalui PTK adalah ... .
a. guru meyakini ada masalah dalam pembelajaran yang selama ini memerlukan peningkatan
b. guru melakukan intropeksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru
c. guru merancang upaya latihan mengerjakan soal - soal untuk persiapan ujian
d. guru mengevaluasi kembali rancangan mengatasi kelemahan yang ada
57. Hasil analisisi kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat digunakan
guru untuk ... .
a. mempertahankan kebiasaan mengajar karena sudah lama dan banyak pengalaman
b. mengusulkan penyediaan media pembelajaran yang canggih untuk meningkatkan pembelajaran
c. merancang ulang rancangan pembelajaran yang berdasarkan analisis terbukti memiliki
kelemahan
d. melakukan latihan tambahan berupa tes untuk para siswa
58. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal
tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut ... .
a. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang beredar
b. memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
c. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi
berikut instrumen tesnya yang sesuai
d. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal - soal yang
memiliki kesulitan tinggi
59. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah
ketuntasan belajar adalah ... .
a. proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
b. tujuan pengajaran remidial adalah sama dengan tes diagnostik
c. sasaran penting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
d. strategi yang dipilih hanya berbentuk tes ulang
60. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ... .
a. memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas tugas siswa
b. mengumpulkan lembaran - lembaran jawaban hasil tes harian dan sumatif
c. mengumpulkan hasil kerja masing - masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh
guru dan rekan siswa
d. mengumpulkan lembaran jawaban hasil ulangan dan memberikan tes remidial
61. Salah satu ciri teori belajar rekonstruksionisme dalam proses pembelajaran adalah ... .
a. pembelajaran sangat mengutamakan kondisi lingkungan
b. guru memanfatkan secara optimal pemberian penguatan
c. pengetahuan dibangun sedikit demi sedikit hasilnya diperluas dalam konteks yang terbatas
d. kegiatan pembelajaran dipilih atas dasar minat siswa
62. Perhatikan pernyataan berikut :
1. pembelajaran mengutamakan bagian - bagian kecil
2. pembelajaran mementingkan pembentukan stimulus dan respon
3. pengetahuan ditemukan sendiri oleh siswa melalui pengalaman belajar
4. siswa menentukan sendiri apa yang akan dipelajari
Dari pernyatan di atas yang merupakan karakteristik teori belajar tingkah laku (behavioristik)
adalah ... .
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 1 dan 3
d. 3 dan 4
63. Guru melakukan pembelajaran dengan memberikan kebebasan yang luas kepada siswa untuk
menentukan apa yang ingin ia pelajari sesuai sumber - sumber belajar yang tersedia.Pernyataan
ini merupakan ciri dari teori belajar ... .
a. behavioristik
b. konstruktivistik
c. humanisme
d. gestalt
64. Untuk membahas materi tentang bencana alam,Bu Dewi akan menggunakan media gambar yang
menunjukkan berbagai dampak bencana alam terhadap kehidupan masyarakat seperti kemiskinan,
penyebaran penyakit,dan kelaparan.Melalui penggunaan media pembelajaran tersebut Bu Dewi
mengharapkan siswa tergerak memberikan sumbangan membantu korban bencana alam serta
selalu memelihara dan melestarikan lingkungan.
Dengan memperhatikan ilustrasi tersebut,Bu Dewi memilih media gambar dengan tujuan untuk ..
a. membangkitkan motivasi belajar siswa
b. membantu meningkatkan pemahaman siswa
c. mengubah dan membentuk sikap
d. memenuhi minat siswa yang bervariasi
65. Ketika membahas topik bangun datar dalam mata pelajaran Matematika,Pak Joko mengggunakan
mobil - mobilan dan miniatur rumah untuk menunjukkan contoh - contoh bentuk bangun
datar.Para siswa berebut ke depan kelassewaktu Pak Joko meminta siswa untuk menunjukkan
contoh lingkaran,segitiga,persegi,dan persegi panjang pada mobil - mobilan dan miniatur rumah.
Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat ... .
a. mempermudah siswa belajar
b. menarik perhatian siswa
c. mengubah sikap siswa
d. meningkatkan pemahaman siswa
66. Salah satu kompetensi yang diharapkan dikuasai siswa adalah mampu menjelaskan proses
terjadinya gerhana bulan.Untuk membantu siswa lebih mudah menguasai kemampuan tersebut
media yang tepat digunakan adalah ... .
a. gambar
b. bagan
c. diagram
d. model
67 Bu Dewi merancang akan menggunakan uang kertas mainan untuk membahas materi tentang
penghitungan nilai sekelompok mata uang pada mata pelajaran Matematika.Media yang dipilih
Bu Dewi tersebut merupakan contoh media pembelajaran jenis ... .
a. gambar
b. grafis
c. model
d. realia
68. Media yang digunakan untuk mengubah dan atau membentuk sikap siswa berbeda dengan media
untuk membantu siswa menguasai suatu keterampilan.Pernyataan ini menunjukkan bahwa media
pembelajaran yang dipilih harus sesuai dengan ... .
a. kompetensi dan materi pembelajaran
b. tingkat usia dan perkembangan siswa
c. karakteristik fisik media
d. bentuk kegiatan pembelajaran
69. Dalam pelajaran IPS ,Pak Rudi meminta siswa untuk mengunjungi koperasi yang dekat dengan
tempat tinggal mereka.Siswa ditugaskan untuk mempelajari struktur organisasi koperasi tersebut
dan melakukan wawancara dengan pengurus koperasi untuk mengetahui jenis usaha yang dilaku-
kan koperasi.Setelah itu siswa diminta untuk membuat laporan tertulis hasil kunjungan tersebut.
Ilustrasi terebut menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan sosial sebagai sumber belajar dapat
... .
a. menambah materi yang dipelajari siswa
b. meningkatkan efisiensi waktu pembelajaran
c. meringankan tugas guru mengajar
d. menyediakan berbagai pengalaman belajar
70. Dalam membahas materi pelajaran tentang bencana alam,Bu Rita akan meminta para siswa untuk
membawa guntingan koran atau majalah yang berisi tentang bencana alam.Sumber belajar yang
dipilih Bu Rita merupakan contoh sumber belajar jenis ... .
a. bahan
b. pesan
c. lingkungan
d. alat
71. Kegiatan demonstrasi yang menunjukkan sifat benda padat,cair,dan gas merupakan sumber
belajar jenis ... .
a. pesan
b. teknik
c. orang
d. lingkungan
72. Sumber belajar yang dipilih hendaknya bersifat fleksibel atau luwes.Artinya,sumber belajar
tersebut dapat digunakan sesuai dengan ... .
a. kemampuan guru mengajar
b. waktu dan kegiatan pembelajaran
c. dana yang dimiliki sekolah
d. minat dan usia siswa
73. Kegiatan pembelajaran harus dirancang untuk mengaktifkan unsur - unsur yang bersifat fisik dan
psikis yang meliputi mata,telinga,hidung,alat peraba,kaki,pikiran,mental,dan emosional.
Ini termasuk prinsip ... .
a. mengaktifkan siswa
b. memberikan kepuasan
c. pengalaman belajar yang sama menimbulkan hasil yang berbeda
d. variasi pengalaman belajar
74. Kegiatan guru yang selalu berusaha menerapkan metode pembelajaran yang benar dan tepat
selaras dengan kemampuan siswa termasuk pada prinsip ... .
a. kesesuaian
b. mengaktifkan siswa
c. pengalaman belajar yang sama menimbulkan hasil yang berbeda
d. variasi pengalaman belajar
75. Seorang guru menerapkan law of effect dalam setiap kegiatan pembelajarannya.Guru tersebut
dapat dikatakan telah menggunakan prinsip ... .
a. mengaktifkan siswa
b. memberikan kepuasan
c. pengalaman belajar yang sesuai
d. variasi pengalaman belajar
76. Seorang guru Matematika menyajikan pembelajaran dengan menggunakan berbagai media yang
beragam.Guru tersebut telah mencoba mengaplikasikan prinsip ... .
a. mengaktifkan siswa
b. memberikan kepuasan
c. pengalaman belajar yang sesuai
d. variasi pengalaman belajar
77. Jika seorang guru akan mengajarkan materi yang sifatnya pengetahuan,waktu yang tersedia
relatif terbatas,dan jumlah siswa relatif banyak maka metode mengajar yang tepat dipilih adalah
... .
a. ceramah
b. diskusi
c. tanya jawab
d. resitasi
78. Faktor utama yang perlu dipetimbangkan dalam pemilihan metode mengajar adalah komponen ...
a. tujuan
b. materi
c. metode
d. evaluasi
79. Kegiatan awal (pendahuluan) dalam prosedur kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan
melakukan ... .
a. asosiasi
b. apersepsi
c. diskusi
d. generalisasi
80. Bu Susi adalah guru mata pelajaran IPA.Ia akan mengajarkan tentang proses terjadinya
hujan.Dari pembelajaran tersebut,Bu Susi mengharapkan "siswa dapat menjelaskan terjadinya
hujan melalui tukar pengalaman diantara siswa".Metode mengajar yang seharusnya Bu Susi
pilih adalah ... .
a. ceramah
b. tanya jawab
c. diskusi
d. resitasi
81. Kegiatan generalisasi merupakan kegiatan pokok yang harus dilakukan pada tahap ... .
a. pra pembelajaran
b. kegiatan awal
c. kegiatan inti
d. kegiatan penutup
82. Teori belajar yang menganut prinsip bahwa manusia memiliki sejumlah kemampuan untuk
mengamati,menanggapi,mengingat,berpikir dan sebagainya yang dapat dilatih dan didisiplinkan
adalah ... .
a. disiplin mental
b. asosiasi
c. Gestalt
d. kognitif
83. Teori belajar berikut ini lebih mengutamakan adanya stimulus respon yang membentuk
kemampuan siswa secara spesifik dan terkontrol,sedangkan hukuman (punishment) dan ganjaran
(reward) merupakan penguatan (reinforcement) yang dipakai.Teori belajar tersebut adalah ... .
a. disiplin mental
b. asosiasi
c. gestalt
d. kognitif
84. Edward L.Thorndike mengemukakan hukum kesiapan (Law of readiness) yaitu bahwa ... .
a. hubungan antara stimulus dan respon akan terbentuk apabila telah ada kesiapan pada sistem
saraf individu
b. hubungan stimulus dengan respon akan terbentuk apabila sering dilatih atau diulang - ulang
c. hubungan respon akan terbentuk apabila sering dilatih atau diulang - ulang
d. hubungan stimulus akan terbentuk apabila sering dilatih atau diulang - ulang
85. Edward L Thorndike mengemukakan hukum latihan atau pengulangan (law of exercise
or repetition) sebagai berikut ... .
a. hubungan stimulus dengan respon akan terbentuk apabila sering dilatih atau diulang - ulang
b. hubungan stimulus dengan respon akan terjadi apabila adanya akibat yang menyenangkan
c. hubungan respon akan terbentuk apabila sering dilatih atau diulang - ulang
d. hubungan stimulus akan terbentuk apabila sering dilatih atau diulang- ulang
86. Proses belajar yang dalam penerapannya memerlukan pengkondisian yang mendalam dari guru
diantaranya 1).proses belajar harus dipersiapkan secara sistematis dan terarah berdasarkan tujuan
yang jelas dan terukur; 2).strategi belajar dipersiapkan lebih teliti;3).dalam proses belajar selalu
menuntut adanya pujian dan ganjaran ; serta 4).aspek siswa kurang diperhatikan merupakan teori
belajar ... .
a. disiplin mental
b. asosiasi
c. gestalt
d. kognitif
87. Belajar adalah suatu proses yang bertujuan eksploratif,imajinatif,dan kreatif.Belajar selalu diarah-
kan untuk mengembangkan kemampuan tingkat tinggi,berpikir tinggi.Pernyataan tersebut
merupakan teori belajar ... .
a. disiplin mental
b. asosiasi
c. gestalt
d. kognitif
88. Menurut teori perkembangan Kohlberg,perkembangan moral yang harus sudah dimiliki siswa SD
adalah kemampuan bertindak menjadi orang baik.Hal ini termasuk dalam tahap ... .
a. prakonvensional moralitas
b. konvensional
c. pasca konvensional
d. eksperential
89. Setiap orang yang lahir ke dunia memiliki hak - hak yang bersifat alamiah.Pendapat ini dikemu-
kan oleh ... .
a. Aristoteles
b. Plato
c. John Locke
d. Jellineck
90. Piagam HAM yang lahir pada tanggal 10 Desember 1948 dinamakan ... .
a. Declaration of Independent
b. Bill of Right
c. Declaration of universal human right
d. Universal declaration of human right
91. Undang - undang Republik Indonesia tentang HAM adalah ... .
a. UU No.39 Tahun 1999
b. UU No. 49 Tahun 1999
c. UU No. 59 Tahubn 1999
d. UU No. 69 Tahun 1999
92. Setiap orang berhak atas status kewarganegaraan.Pernyataan ini merupakan rumusan jaminan
HAM yang terdapat dalam pasal 28 ayat
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
93. Indikator adanya pelaksanaan HAM di bidang sosial adalah ... .
a. mengakui adanya pluralisme pendapat
b. tidak adanya monopoli dalam sistem ekonomi yang berlaku
c. mengakui pluralisme kepentingan dalam masyarakat
d. mengakui konflik kepentingan sebagai sesuatu yang fungsional
94. Berikut ini yang termasuk jenis HAM dalam kategori hak sosial,ekonomi,budaya adalah ... .
a. hak ikut serta dalam pemerintahan
b. hak mendirikan partai politik
c. hak memilih pendidikan
d. hak atas kebebasan berkumpul secara damai
95. Lahirnya perundang - undangan HAM nasional terutama dilatarbelakangi hal - hal berikut ini
,kecuali ... .
a. komitmen untuk melaksanakan UDHR
b. desakan masyarakat untuk mengembangkan kehidupan yang lebih demokratis
c. melaksanakan amanat TAP MPR No. XVII/MPR/1998 tentang HAM
d. supaya paham perorangan tergeser paham kekeluargaan
96. Berikut ini merupakan instrumen HAM nasional,kecuali ... .
a. Kepres No. 36 Tahun 1990
b. UU No. 8 Tahun 1998
c. UU No. 32 Tahun 2004
d. UU No.39 Tahun 1999
97. Masih seringnya terjadi pelanggaran HAM di Indonesia disebabkan ... .
a. kondisi perekonomian masyarakat sebagian besar berada di bawah garis kemiskinan
b. lemahnya upaya penegakan hukum
c. tidak seimbangnya jumlah aparat keamanan
d. tiadanya peraturan yang memberikan jaminan perlindungan HAM
98. Pelanggaran HAM yang terjadi semasa belum lahirnya Undang - Undang RI No.26 Tahun 2000
proses peradilannya menggunakan ... .
a. Pengadilan HAM ad Hoc
b. Pengadilan Negeri
c. Pengadilan Militer
d. Pengadilan Khusus
99. Bagi para korban pelanggaran HAM berat akan memperoleh restitusi dari ... .
a. pengadilan HAM
b. Komnas HAM
c. negara
d. pelaku atau pihak yang merugikan
100.Kejahatan kemanusiaan adalah kejahatan yang dilakukan oleh ... .
a. pemerintah
b. negara
c. sipil
d. kelompok masyarakat
101.Perkembangan moral anak dimana anak menyesuaikan diri pada peraturan - peraturan yang ada
dalam kelompok dan disepakati bersama oleh kelompok tersebut. Tahapan ini disebut dengan ... .
a. benar dan salah
b. moralitas heteronomus
c. moralitas konvensional
d. moralitas anak baik
102.Pada tahap ini anak mengikuti semua peraturan yang telah diberikan dengan tujuan untuk
mengambil hati orang lain dan berharap dapat diterima dalam kelompok.Tahap perkembangan
moral ini disebut dengan ... .
a. benar dan salah
b. moralitas heteronomus
c. moralitas konvensional
d. moralitas anak baik
103.Anak usia sekitar 5 tahun mempunyai konsep bahwa benar salah masih dipahami dengan kaku.
Anak menganggap berbohong itu adalah perbuatan yang salah dan tidak baik.Pada tahap
ini,menurut Piaget disebut dengan tahap ... .
a. benar dan salah
b. moralitas heteronomus
c. moralitas konvensional
d. moralitas anak baik
104.Menurut Bambang Waluyo,pendidikan agama di sekolah meliputi beberapa aspek penting
diantaranya adalah ... .
a. pembentukan kepribadian
b. pengembangan disiplin
c. penanganan masalah
d. pengenalan ibadah
SOAL UKG MATERI PTK
1. Penelitian Tindakan Kelas merupakan penelitian yang dilakukan di dalam kelas oleh … .
a. guru
b. peneliti
c. guru sebagai peneliti
d. guru bersama dosen
2. Tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk … .
a. mengungkapkan kebenaran
b. menjawab masalah guru
c. memperbaiki kinerja guru
d. mengumpulkan informasi
3. Metode utama dalam penelitian tindakan kelas adalah self reflective inquiry,artinya metode yang digunakan … .
a. bertumpu pada kemampuan guru melakukan refleksi
b. longgar tetapi tetap mengikuti kaidah penelitian
c. hanya observasi/kesan dari guru
d. bervariasi asal sesuai dengan kaidah penelitian
4. Dalam penelitian tindakan kelas,masalah yang diteliti berasal dari … .
a. kerisauan guru akan kinerjanya
b. kerisauan pendidik akan mutu pendidikan
c. keinginan untuk membantu guru
d. kepedulian peneliti akan kinerja guru
5. Penelitian tindakan kelas berbeda dengan penelitian kelas dalam hal … .
a. pelaku penelitian
b. tujuan penelitian
c. tempat penelitian
d. asal masalah yang diteliti
6. Penelitian tindakan kelas yang seyogyanya dilakukan oleh guru karena alasan - alasan
berikut,kecuali … .
a. PTK memang untuk guru
b. guru paling akrab dengan suasana kelas
c. masalah di kelas mungkin asing bagi para peneliti luar
d. guru bertanggung jawab memperbaiki kinerjanya
7. Guru dianggap lebih sesuai melakukan penelitian tindakan kelas karena alasan berikut,kecuali
… .
a. dibandingkan dengan peneliti luar guru lebih memahami keadaan di kelas
b. kelas merupakan wilayah guru
c. hasil penelitian dapat dimanfaatkan langsung oleh guru
d. temuan peneliti luar sulit diterapkan oleh guru
8. Dilihat dari segi tujuan penelitian,penelitian tindakan kelas menempatkan guru sebagai … .
a. peneliti dari dalam
b. praktisi yang membangun teori
c. subjek penelitian
d. pengajar dan peneliti
9. Sebagai pekerja professional,guru dianggap paling layak melakukan penelitian tindakan kelas
karena … .
a. PTK membantu guru berkembang secara professional
b. guru paling akrab dengan para siswa
c. kelas merupakan wilayah guru
d. PTK merupakan bagian dari tugas professional guru
ketuntasan belajar adalah ... .
a. proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
b. tujuan pengajaran remidial adalah sama dengan tes diagnostik
c. sasaran penting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
d. strategi yang dipilih hanya berbentuk tes ulang
60. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ... .
a. memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas tugas siswa
b. mengumpulkan lembaran - lembaran jawaban hasil tes harian dan sumatif
c. mengumpulkan hasil kerja masing - masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh
guru dan rekan siswa
d. mengumpulkan lembaran jawaban hasil ulangan dan memberikan tes remidial
61. Salah satu ciri teori belajar rekonstruksionisme dalam proses pembelajaran adalah ... .
a. pembelajaran sangat mengutamakan kondisi lingkungan
b. guru memanfatkan secara optimal pemberian penguatan
c. pengetahuan dibangun sedikit demi sedikit hasilnya diperluas dalam konteks yang terbatas
d. kegiatan pembelajaran dipilih atas dasar minat siswa
62. Perhatikan pernyataan berikut :
1. pembelajaran mengutamakan bagian - bagian kecil
2. pembelajaran mementingkan pembentukan stimulus dan respon
3. pengetahuan ditemukan sendiri oleh siswa melalui pengalaman belajar
4. siswa menentukan sendiri apa yang akan dipelajari
Dari pernyatan di atas yang merupakan karakteristik teori belajar tingkah laku (behavioristik)
adalah ... .
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 1 dan 3
d. 3 dan 4
63. Guru melakukan pembelajaran dengan memberikan kebebasan yang luas kepada siswa untuk
menentukan apa yang ingin ia pelajari sesuai sumber - sumber belajar yang tersedia.Pernyataan
ini merupakan ciri dari teori belajar ... .
a. behavioristik
b. konstruktivistik
c. humanisme
d. gestalt
64. Untuk membahas materi tentang bencana alam,Bu Dewi akan menggunakan media gambar yang
menunjukkan berbagai dampak bencana alam terhadap kehidupan masyarakat seperti kemiskinan,
penyebaran penyakit,dan kelaparan.Melalui penggunaan media pembelajaran tersebut Bu Dewi
mengharapkan siswa tergerak memberikan sumbangan membantu korban bencana alam serta
selalu memelihara dan melestarikan lingkungan.
Dengan memperhatikan ilustrasi tersebut,Bu Dewi memilih media gambar dengan tujuan untuk ..
a. membangkitkan motivasi belajar siswa
b. membantu meningkatkan pemahaman siswa
c. mengubah dan membentuk sikap
d. memenuhi minat siswa yang bervariasi
65. Ketika membahas topik bangun datar dalam mata pelajaran Matematika,Pak Joko mengggunakan
mobil - mobilan dan miniatur rumah untuk menunjukkan contoh - contoh bentuk bangun
datar.Para siswa berebut ke depan kelassewaktu Pak Joko meminta siswa untuk menunjukkan
contoh lingkaran,segitiga,persegi,dan persegi panjang pada mobil - mobilan dan miniatur rumah.
Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat ... .
a. mempermudah siswa belajar
b. menarik perhatian siswa
c. mengubah sikap siswa
d. meningkatkan pemahaman siswa
66. Salah satu kompetensi yang diharapkan dikuasai siswa adalah mampu menjelaskan proses
terjadinya gerhana bulan.Untuk membantu siswa lebih mudah menguasai kemampuan tersebut
media yang tepat digunakan adalah ... .
a. gambar
b. bagan
c. diagram
d. model
67 Bu Dewi merancang akan menggunakan uang kertas mainan untuk membahas materi tentang
penghitungan nilai sekelompok mata uang pada mata pelajaran Matematika.Media yang dipilih
Bu Dewi tersebut merupakan contoh media pembelajaran jenis ... .
a. gambar
b. grafis
c. model
d. realia
68. Media yang digunakan untuk mengubah dan atau membentuk sikap siswa berbeda dengan media
untuk membantu siswa menguasai suatu keterampilan.Pernyataan ini menunjukkan bahwa media
pembelajaran yang dipilih harus sesuai dengan ... .
a. kompetensi dan materi pembelajaran
b. tingkat usia dan perkembangan siswa
c. karakteristik fisik media
d. bentuk kegiatan pembelajaran
69. Dalam pelajaran IPS ,Pak Rudi meminta siswa untuk mengunjungi koperasi yang dekat dengan
tempat tinggal mereka.Siswa ditugaskan untuk mempelajari struktur organisasi koperasi tersebut
dan melakukan wawancara dengan pengurus koperasi untuk mengetahui jenis usaha yang dilaku-
kan koperasi.Setelah itu siswa diminta untuk membuat laporan tertulis hasil kunjungan tersebut.
Ilustrasi terebut menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan sosial sebagai sumber belajar dapat
... .
a. menambah materi yang dipelajari siswa
b. meningkatkan efisiensi waktu pembelajaran
c. meringankan tugas guru mengajar
d. menyediakan berbagai pengalaman belajar
70. Dalam membahas materi pelajaran tentang bencana alam,Bu Rita akan meminta para siswa untuk
membawa guntingan koran atau majalah yang berisi tentang bencana alam.Sumber belajar yang
dipilih Bu Rita merupakan contoh sumber belajar jenis ... .
a. bahan
b. pesan
c. lingkungan
d. alat
71. Kegiatan demonstrasi yang menunjukkan sifat benda padat,cair,dan gas merupakan sumber
belajar jenis ... .
a. pesan
b. teknik
c. orang
d. lingkungan
72. Sumber belajar yang dipilih hendaknya bersifat fleksibel atau luwes.Artinya,sumber belajar
tersebut dapat digunakan sesuai dengan ... .
a. kemampuan guru mengajar
b. waktu dan kegiatan pembelajaran
c. dana yang dimiliki sekolah
d. minat dan usia siswa
73. Kegiatan pembelajaran harus dirancang untuk mengaktifkan unsur - unsur yang bersifat fisik dan
psikis yang meliputi mata,telinga,hidung,alat peraba,kaki,pikiran,mental,dan emosional.
Ini termasuk prinsip ... .
a. mengaktifkan siswa
b. memberikan kepuasan
c. pengalaman belajar yang sama menimbulkan hasil yang berbeda
d. variasi pengalaman belajar
74. Kegiatan guru yang selalu berusaha menerapkan metode pembelajaran yang benar dan tepat
selaras dengan kemampuan siswa termasuk pada prinsip ... .
a. kesesuaian
b. mengaktifkan siswa
c. pengalaman belajar yang sama menimbulkan hasil yang berbeda
d. variasi pengalaman belajar
75. Seorang guru menerapkan law of effect dalam setiap kegiatan pembelajarannya.Guru tersebut
dapat dikatakan telah menggunakan prinsip ... .
a. mengaktifkan siswa
b. memberikan kepuasan
c. pengalaman belajar yang sesuai
d. variasi pengalaman belajar
76. Seorang guru Matematika menyajikan pembelajaran dengan menggunakan berbagai media yang
beragam.Guru tersebut telah mencoba mengaplikasikan prinsip ... .
a. mengaktifkan siswa
b. memberikan kepuasan
c. pengalaman belajar yang sesuai
d. variasi pengalaman belajar
77. Jika seorang guru akan mengajarkan materi yang sifatnya pengetahuan,waktu yang tersedia
relatif terbatas,dan jumlah siswa relatif banyak maka metode mengajar yang tepat dipilih adalah
... .
a. ceramah
b. diskusi
c. tanya jawab
d. resitasi
78. Faktor utama yang perlu dipetimbangkan dalam pemilihan metode mengajar adalah komponen ...
a. tujuan
b. materi
c. metode
d. evaluasi
79. Kegiatan awal (pendahuluan) dalam prosedur kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan
melakukan ... .
a. asosiasi
b. apersepsi
c. diskusi
d. generalisasi
80. Bu Susi adalah guru mata pelajaran IPA.Ia akan mengajarkan tentang proses terjadinya
hujan.Dari pembelajaran tersebut,Bu Susi mengharapkan "siswa dapat menjelaskan terjadinya
hujan melalui tukar pengalaman diantara siswa".Metode mengajar yang seharusnya Bu Susi
pilih adalah ... .
a. ceramah
b. tanya jawab
c. diskusi
d. resitasi
81. Kegiatan generalisasi merupakan kegiatan pokok yang harus dilakukan pada tahap ... .
a. pra pembelajaran
b. kegiatan awal
c. kegiatan inti
d. kegiatan penutup
82. Teori belajar yang menganut prinsip bahwa manusia memiliki sejumlah kemampuan untuk
mengamati,menanggapi,mengingat,berpikir dan sebagainya yang dapat dilatih dan didisiplinkan
adalah ... .
a. disiplin mental
b. asosiasi
c. Gestalt
d. kognitif
83. Teori belajar berikut ini lebih mengutamakan adanya stimulus respon yang membentuk
kemampuan siswa secara spesifik dan terkontrol,sedangkan hukuman (punishment) dan ganjaran
(reward) merupakan penguatan (reinforcement) yang dipakai.Teori belajar tersebut adalah ... .
a. disiplin mental
b. asosiasi
c. gestalt
d. kognitif
84. Edward L.Thorndike mengemukakan hukum kesiapan (Law of readiness) yaitu bahwa ... .
a. hubungan antara stimulus dan respon akan terbentuk apabila telah ada kesiapan pada sistem
saraf individu
b. hubungan stimulus dengan respon akan terbentuk apabila sering dilatih atau diulang - ulang
c. hubungan respon akan terbentuk apabila sering dilatih atau diulang - ulang
d. hubungan stimulus akan terbentuk apabila sering dilatih atau diulang - ulang
85. Edward L Thorndike mengemukakan hukum latihan atau pengulangan (law of exercise
or repetition) sebagai berikut ... .
a. hubungan stimulus dengan respon akan terbentuk apabila sering dilatih atau diulang - ulang
b. hubungan stimulus dengan respon akan terjadi apabila adanya akibat yang menyenangkan
c. hubungan respon akan terbentuk apabila sering dilatih atau diulang - ulang
d. hubungan stimulus akan terbentuk apabila sering dilatih atau diulang- ulang
86. Proses belajar yang dalam penerapannya memerlukan pengkondisian yang mendalam dari guru
diantaranya 1).proses belajar harus dipersiapkan secara sistematis dan terarah berdasarkan tujuan
yang jelas dan terukur; 2).strategi belajar dipersiapkan lebih teliti;3).dalam proses belajar selalu
menuntut adanya pujian dan ganjaran ; serta 4).aspek siswa kurang diperhatikan merupakan teori
belajar ... .
a. disiplin mental
b. asosiasi
c. gestalt
d. kognitif
87. Belajar adalah suatu proses yang bertujuan eksploratif,imajinatif,dan kreatif.Belajar selalu diarah-
kan untuk mengembangkan kemampuan tingkat tinggi,berpikir tinggi.Pernyataan tersebut
merupakan teori belajar ... .
a. disiplin mental
b. asosiasi
c. gestalt
d. kognitif
88. Menurut teori perkembangan Kohlberg,perkembangan moral yang harus sudah dimiliki siswa SD
adalah kemampuan bertindak menjadi orang baik.Hal ini termasuk dalam tahap ... .
a. prakonvensional moralitas
b. konvensional
c. pasca konvensional
d. eksperential
89. Setiap orang yang lahir ke dunia memiliki hak - hak yang bersifat alamiah.Pendapat ini dikemu-
kan oleh ... .
a. Aristoteles
b. Plato
c. John Locke
d. Jellineck
90. Piagam HAM yang lahir pada tanggal 10 Desember 1948 dinamakan ... .
a. Declaration of Independent
b. Bill of Right
c. Declaration of universal human right
d. Universal declaration of human right
91. Undang - undang Republik Indonesia tentang HAM adalah ... .
a. UU No.39 Tahun 1999
b. UU No. 49 Tahun 1999
c. UU No. 59 Tahubn 1999
d. UU No. 69 Tahun 1999
92. Setiap orang berhak atas status kewarganegaraan.Pernyataan ini merupakan rumusan jaminan
HAM yang terdapat dalam pasal 28 ayat
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
93. Indikator adanya pelaksanaan HAM di bidang sosial adalah ... .
a. mengakui adanya pluralisme pendapat
b. tidak adanya monopoli dalam sistem ekonomi yang berlaku
c. mengakui pluralisme kepentingan dalam masyarakat
d. mengakui konflik kepentingan sebagai sesuatu yang fungsional
94. Berikut ini yang termasuk jenis HAM dalam kategori hak sosial,ekonomi,budaya adalah ... .
a. hak ikut serta dalam pemerintahan
b. hak mendirikan partai politik
c. hak memilih pendidikan
d. hak atas kebebasan berkumpul secara damai
95. Lahirnya perundang - undangan HAM nasional terutama dilatarbelakangi hal - hal berikut ini
,kecuali ... .
a. komitmen untuk melaksanakan UDHR
b. desakan masyarakat untuk mengembangkan kehidupan yang lebih demokratis
c. melaksanakan amanat TAP MPR No. XVII/MPR/1998 tentang HAM
d. supaya paham perorangan tergeser paham kekeluargaan
96. Berikut ini merupakan instrumen HAM nasional,kecuali ... .
a. Kepres No. 36 Tahun 1990
b. UU No. 8 Tahun 1998
c. UU No. 32 Tahun 2004
d. UU No.39 Tahun 1999
97. Masih seringnya terjadi pelanggaran HAM di Indonesia disebabkan ... .
a. kondisi perekonomian masyarakat sebagian besar berada di bawah garis kemiskinan
b. lemahnya upaya penegakan hukum
c. tidak seimbangnya jumlah aparat keamanan
d. tiadanya peraturan yang memberikan jaminan perlindungan HAM
98. Pelanggaran HAM yang terjadi semasa belum lahirnya Undang - Undang RI No.26 Tahun 2000
proses peradilannya menggunakan ... .
a. Pengadilan HAM ad Hoc
b. Pengadilan Negeri
c. Pengadilan Militer
d. Pengadilan Khusus
99. Bagi para korban pelanggaran HAM berat akan memperoleh restitusi dari ... .
a. pengadilan HAM
b. Komnas HAM
c. negara
d. pelaku atau pihak yang merugikan
100.Kejahatan kemanusiaan adalah kejahatan yang dilakukan oleh ... .
a. pemerintah
b. negara
c. sipil
d. kelompok masyarakat
101.Perkembangan moral anak dimana anak menyesuaikan diri pada peraturan - peraturan yang ada
dalam kelompok dan disepakati bersama oleh kelompok tersebut. Tahapan ini disebut dengan ... .
a. benar dan salah
b. moralitas heteronomus
c. moralitas konvensional
d. moralitas anak baik
102.Pada tahap ini anak mengikuti semua peraturan yang telah diberikan dengan tujuan untuk
mengambil hati orang lain dan berharap dapat diterima dalam kelompok.Tahap perkembangan
moral ini disebut dengan ... .
a. benar dan salah
b. moralitas heteronomus
c. moralitas konvensional
d. moralitas anak baik
103.Anak usia sekitar 5 tahun mempunyai konsep bahwa benar salah masih dipahami dengan kaku.
Anak menganggap berbohong itu adalah perbuatan yang salah dan tidak baik.Pada tahap
ini,menurut Piaget disebut dengan tahap ... .
a. benar dan salah
b. moralitas heteronomus
c. moralitas konvensional
d. moralitas anak baik
104.Menurut Bambang Waluyo,pendidikan agama di sekolah meliputi beberapa aspek penting
diantaranya adalah ... .
a. pembentukan kepribadian
b. pengembangan disiplin
c. penanganan masalah
d. pengenalan ibadah
SOAL UKG MATERI PTK
1. Penelitian Tindakan Kelas merupakan penelitian yang dilakukan di dalam kelas oleh … .
a. guru
b. peneliti
c. guru sebagai peneliti
d. guru bersama dosen
2. Tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk … .
a. mengungkapkan kebenaran
b. menjawab masalah guru
c. memperbaiki kinerja guru
d. mengumpulkan informasi
3. Metode utama dalam penelitian tindakan kelas adalah self reflective inquiry,artinya metode yang digunakan … .
a. bertumpu pada kemampuan guru melakukan refleksi
b. longgar tetapi tetap mengikuti kaidah penelitian
c. hanya observasi/kesan dari guru
d. bervariasi asal sesuai dengan kaidah penelitian
4. Dalam penelitian tindakan kelas,masalah yang diteliti berasal dari … .
a. kerisauan guru akan kinerjanya
b. kerisauan pendidik akan mutu pendidikan
c. keinginan untuk membantu guru
d. kepedulian peneliti akan kinerja guru
5. Penelitian tindakan kelas berbeda dengan penelitian kelas dalam hal … .
a. pelaku penelitian
b. tujuan penelitian
c. tempat penelitian
d. asal masalah yang diteliti
6. Penelitian tindakan kelas yang seyogyanya dilakukan oleh guru karena alasan - alasan
berikut,kecuali … .
a. PTK memang untuk guru
b. guru paling akrab dengan suasana kelas
c. masalah di kelas mungkin asing bagi para peneliti luar
d. guru bertanggung jawab memperbaiki kinerjanya
7. Guru dianggap lebih sesuai melakukan penelitian tindakan kelas karena alasan berikut,kecuali
… .
a. dibandingkan dengan peneliti luar guru lebih memahami keadaan di kelas
b. kelas merupakan wilayah guru
c. hasil penelitian dapat dimanfaatkan langsung oleh guru
d. temuan peneliti luar sulit diterapkan oleh guru
8. Dilihat dari segi tujuan penelitian,penelitian tindakan kelas menempatkan guru sebagai … .
a. peneliti dari dalam
b. praktisi yang membangun teori
c. subjek penelitian
d. pengajar dan peneliti
9. Sebagai pekerja professional,guru dianggap paling layak melakukan penelitian tindakan kelas
karena … .
a. PTK membantu guru berkembang secara professional
b. guru paling akrab dengan para siswa
c. kelas merupakan wilayah guru
d. PTK merupakan bagian dari tugas professional guru
10. Dikaitkan dengan tanggung jawab guru terhadap pembelajaran,PTK dapat membantu guru
untuk … .
a. mengatasi masalah siswa
b. memperbaiki pembelajaran
c. berkembang secara professional
d. berkolaborasi dengan guru lain
11. Ibu Siti terbiasa menganalisis pekerjaan siswanya untuk menemukan kesulitan yang dialami
siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia.Dari hasil analisis tersebut,Ibu Siti juga mencoba
menemukan kekuatan dan kelemahannya dalam mengajar.Jika dia menemukan kelemahan,segera dia mencoba mencari jalan untuk mengatasi kelemahan tersebut.Langkah – langkah yang
dilakukan Ibu Siti dapat dikategorikan sebagai langkah awal dalam … .
a. perkembangan professional
b. melakukan PTK
c. memperbaiki pembelajaran
d. menerapkan manfaat PTK
12. Berikut ini adalah manfaat PTK bagi guru,kecuali … .
a. membantu guru memperbaiki pembelajaran
b. memungkinkan guru berkembang secra professional
c. memungkinkan guru mengembangkan karir
d. menambah rasa percaya diri
13. Sekolah yang maju membawa dampak bagi kemajuan para guru,demikian pula sebaliknya.Oleh
karena itu,jika di suatu sekolah para guru terlatih melakukan PTK,sekolah akan berpotensi untuk
… .
a. meraih popularitas
b. menghasilkan siswa teladan
c. menerbitkan karya – karya penelitian
d. menghasilkan berbagai teknik pembelajaran
14. Guru yang terampil melaksanakan PTK akan merasa lebih percaya diri.Hal ini disebabkan oleh
berbagai faktor,antara lain sebagai berikut,kecuali … .
a. munculnya perasaan lebih mampu dibandingkan teman sejawat
b. berkembangnya kemampuan guru dalam pembelajaran
c. tumbuhnya rasa puas terhadap pembelajaran yang dikelola
d. munculnya perasaan mampu memecahkan masalah sendiri
15. Keterbatasan PTK terutama terletak pada … .
a. metodologi
b. validitas
c. instrument yang digunakan
d. reliabilitas hasil yang dicapai
16. Hasil PTK tidak memiliki daya generalisasi karena … .
a. sampel terbatas pada kelas yang diajar
b. masalah yang diteliti sangat spesifik
c. metodologi sangat longgar
d. PTK dilakukan oleh guru,bukan peneliti
17. Agar PTK dapat diterapkan secara melembaga,diperlukan berbagai kondisi atau
persyaratan.Kondisi tersebuat antara lain sebagai berikut,kecuali … .
a. adanya kebebasan dari para guru untuk berinovasi
b. birokrasi yang kuat
c. dukungan dari semua personil sekolah
d. ada rasa saling percaya antar personil sekolah termasuk siswa
18. Kemauan guru untuk melakukan PTK haruslah didukung oleh iklim sekolah yang memberi
kebebasan kepada guru untuk .. .
a. berdiskusi,berkolaborasi,dan meminta bantuan
b. melakukan perubahan jadwal pelajaran
c. menetapkan masalah bagi kelasnya
d. meminta siswa mengikuti perintahnya
19. Empat langkah pokok dalam PTK dengan urutan yang paling benar adalah … .
a. merencanakan,melaksanakan tindakan,refleksi,analisis data
b. refleksi,analisis data,merencanakan,melaksanakan tindakan
c. merencanakan,melaksanakan tindakan,mengamati,refleksi
d. refleksi,merencanakan,melaksanakan tindakan,analisis data
20. Untuk mengidentifikasi masalah,guru perlu melakukan kajian terhadap pembelajaran yang
dikelolanya.Kajian tersebut dapat dilakukan dengan mengajukan berbagai pertanyaan.
Pertanyaan yang tepat untuk maksud tersebut adalah sebagai berikut,kecuali … .
a. apa yang terjadi di kelas saya
b. berapa orang siswa yang prestasinya selalu rendah
c. dengan siapa saya harus mendiskusikan masalah ini
d. apa dampaknya jika siswa yang berprestasi rendah saya biarkan saja
21. Masalah yang teridentifikasi kadang – kadang terlampau banyak,sehingga guru harus
menentukan pilihan.Hal – hal yang harus diperhatikan dalam memilih masalah yang perlu
ditangani adalah sebagai berikut,kecuali … .
a. tingkat keseriusan masalah
b. kemampuan guru untuk menangani
c. ada tidaknya mitra kolaborasi
d. kompleks tidaknya masalah tersebut
22. Setelah menetapkan dan menjabarkan masalah,guru perlu mengembangkan cara melakukan
perbaikan atau mengatasi masalah.Untuk mengembangkan cara mengatasi masalah,guru dapat
melakukan hal – hal berikut,kecuali … .
a. mengkaji teori yang relevan dengan masalah
b. menyusun langkah – langkah pemecahan masalah
c. berdiskusi dengan teman sejawat
d. mengingat kembali pengalaman yang terkait dengan masalah tersebut
23. Sebelum melaksanakan tindakan,guru harus menyiapkan hal – hal berikut,kecuali … .
a. daftar hadir
b. skenario tindakan
c. sarana dan fasilitas pendukung
d. cara menganalisis data
24. Jika sebelum melaksanakan tindakan guru tidak menentukan cara pengumpulan data,dalam
pelaksanaan tindakan kemungkinan besar akan terjadi hal – hal berikut,kecuali … .
a. data yang dikumpulakan akan mubasir
b. data yang diperlukan tidak terjaring
c. guru akan bingung menafsirkan data
d. guru tidak memerlukan data
25. Dalam melaksanakan tindakan,guru harus memperhatikan beberapa kriteria diantaranya … .
a. guru seyogyanya memfokuskan diri sebagai pengajar
b. penelitian jangan sampai mengganggu komitmen guru sebagai pengajar
c. guru harus memperhatikan kemampuan siswa
d. perhatian guru harus berfokus pada masalah yang ingin dipecahkan
26. Bapak Hermawan seorang guru kelas SD.Ia sedang bermitra dengan seorang guru teman sejawatnya dalam memperbaiki cara merespon terhadap jawaban siswa di kelas.Ia sudah merancang berbagai jenis penguatan untuk jawaban siswa yang tidak atau kurang tepat.Ia meminta rekan sejawatnya untuk duduk di kelasnya serta merekam reaksi siswa ketika guru merespon jawabannya.Jenis reaksi yang perlu direkam serta cara merekamnya sudah disepakati terlebih dahulu.Ditinjau dari kriteria pelaksanaan tindakan,kriteria mana yang diterapkan oleh Bapak Hermawan ?
a. guru harus memperhatikan etika yang terkait dengan tugasnya
b. metodologi yang diterapkan harus reliable
c. pengumpulan data jangan sampai menyita waktu guru terlampau banyak
d. masalah yang ditangani harus sesuai dengan komitmen guru
27. Tahap observasi – interpretasi berlangsung bersamaan dengan pelaksanaan tindakan.Dalam kaitan ini,observasi – interpretasi mutlak diperlukan agar guru dapat … .
a. memantau jalannya pembelajaran
b. melakukan berbagai penyesuaian
c. mengetahui kualitas respon siswa
d. memantau pendapat pengamat
28. Idealnya,dalam PTK guru dapat mengamati atau mengumpulkan data sendiri dari kelasnya,sehingga yang mengamati dan melakukan interpretasi adalah guru sendiri.Namun,kadang – kadang guru terlampau repot untuk melakukan itu semua.Untuk mengatasi hal ini guru dapat … .
a. meminta salah satu siswa menjadi pengamat
b. meminta kepala sekolah untuk mengamati pelajarannya
c. menggunakan alat bantu rekaman
d. mewancarai siswa setelah pelajaran selesai
29. Prinsip dasar observasi yang berkaitan dengan pemanfaatan hasil observasi adalah prinsip yang berkaitan dengan … .
a. fokus observasi
b. perencanaan awal
c. ketrampilan mengobservasi
d. balikan (feedback)
30. Ketika melakukan observasi dikelasIbu Rina,Bapak Sukoco berusaha bersikap bersahabat,baik kepada siswa maupun Ibu rina.Ia masuk kelas dengan mengucapkan salam dan meminta ijin kepada siswa untuk ikut duduk di kelas.Ketika terjadi diskusi antar siswa,Bapak Sukoco tidak segera merekam diskusi tersebut,tetapi menunggu sampai diskusi selesai,kemudian berpikir sejenak untuk menemukan makna peristiwa yang baru saja diamati.Perilaku pengamat seperti itu merupakan penerapan dari prinsip observasi yang berkaitan dengan … .
a. perencanaan awal
b. fokus observasi
c. membangun kriteria
d. keterampilan observasi
31. Jika seorang guru ingin mengetahui jumlah siswa yang berhasil dilibatkannya secara aktif dalam memberi respon terhadap pertanyaan guru,jenis observasi yang paling tepat digunakan adalah observasi … .
a. terbuka
b. terfokus
c. terstruktur
d. sistematik
32. Pada pertemuan pendahuluan atau pertemuan perencanaan,guru dan pengamat dapat menyepakati hal –hal berikut,kecuali … .
a. jumlah siswa yang akan ikut dala pembelajaran
b. fokus pengamatan
c. konteks pembelajaran yang dikelola guru
d. kriteria yang digunakan dalam intepretasi
33. Selain melalui observasi,data pembelajaran dapat dikumpulkan melalui cara – cara berikut,kecuali … .
a. wawancara dengan orang tua
b. catatan/laporan guru
c. berbagai dokumen hasil belajar siswa
d. wawancara dengan siswa
34. Analisis data dilakukan dengan menempuh berbagai langkah, yang pada akhirnya bertujuan untuk … .
a. menyeleksi dan mengelompokkan data
b. menyeleksi dan menafsirkan data
c. memperoleh informasi tentang proses dan dampak perbaikan
d. mendapat informasi tentang perilaku mengajar guru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar