ULANGAN HARIAN TEMA I SUB TEMA I
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Tema : 1 ( Indahnya Kebersamaan) Kelas : IV (empat)
Sub tema : 1 ( Keberagaman Budaya Bangsaku) Waktu : 60 menit
A. Selesaikanlah soal - soal di bawah ini dengan benar !
A-1 .(KD 3.1)
1. Gambar pohon beringin pada perisai lambang Burung Garuda, merupakan simbol sila ke … .
a. 2 c. 4
b. 3 d. 5
2. Beribadah sesuai dengan agama yang dianut merupakan pengamalan Pancasila sila ke- … .
3. Tidak membuat kegaduhan saat umat agama lain beribadah adalah pengamalan Pancasila yang berbunyi ... .
4. Sebutkan 3 contoh sikap pengamalan Pancasila sila kedua!
A-2 (KD 3.4)
5. Kamu dengan teman sebangku berbeda suku.
Sikapmu seharusnya … .
a. menjauhinya c. segera berpindah tempat duduk
b. tetap menghargainya d. menjaga jarak dengannya.
6. Ani tidak pernah bertengkar dengan adiknya.
Ani telah mengamalkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan …
7. Bela mengejek temannya yang miskin. Akibatnya, Bela … oleh teman-temannya yang lain.
8. Apakah semboyan yang mempersatukan keberagaman bangsa Indonesia?
B. Selesaikanlah soal - soal di bawah ini dengan benar !
B-1 (KD 3.1)
Bacaan!
Rumah Lontik merupakan rumah adat Riau, disebut juga Rumah Lancang. Bentuk atapnya melengkung ke atas, agak runcing, seperti tanduk kerbau. Dindingnya miring seperti perahu atau lancang. Hal itu melambangkan penghormatan kepada Tuhan dan sesama.
9. Berdasarkan bacaan di atas rumah lontik bagian atapnya seperti … .
a. tanduk sapi c. tanduk kambing
b. tanduk kerbau d. tanduk rusa
10. “ Bu, Aku ingin ikut ke pasar,boleh ndak? “ Tanya Ardi kepada ibunya.
Pada kalimat di atas terdapat kata … merupakan kata tidak baku.
11. Ayo, Budayakan Hidup yang Rukun dan Damai. Kalimat poster tersebut menjadi efektif jika kata … dihilangkan.
12. Apa makna lagu “Aku Anak Indonesia”?
B-2 (KD 3.2)
13. Kata – kata di bawah ini merupakan kata baku, kecuali … .
a. bagaimana c. tidak
b. mengapa d. biarin
14. Suara Guntur merambat melalui … .
15. Bobi nggak ikut ibunya ke pasar karena sedang membantu ayah berkebun. Kata nggak seharusnya diganti menggunakan kata baku … .
16. Buatlah kalimat dengan menggunakan kata “Mata”!
B-3 (KD 3.4)
17. Kata baku dapat bersumber dari … .
a. unsur kedaerahan c. Kamus Besar Bahasa Indonesia
b. penggunaan kata asing secara langsung d. percakapan sehari-hari
18. Di Bukit Tinggi banyak obyek wisata yang dapat dikunjungi. Kata baku obyek, yaitu … .
19. Di bukit yang sejuk itu terdapat hamparan kebun srowbery. Kata baku srowbery, yaitu … .
20. Tulislah kata baku dari kata tidak baku berikut! Kemudian, buatlah sebuah kalimat dari kata baku tersebut!
a. Atlit
b. Kwitansi
C. Selesaikanlah soal - soal di bawah ini dengan benar ! (KD 3.12)
21.
Banyak sisi pada gambar di atas adalah … .
a. 9 c.11
b. 10 d.12
22.
Sudut di atas disebut sudut … .
23. Sudut yang besarnya 900 disebut … .
24.
Ukurlah besar sudut ABC dengan busur derajat! Berapa besar sudut ABC?
D. Selesaikanlah soal - soal di bawah ini dengan benar ! (KD 3.5)
25. Alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan, yaitu … .
a. gitar c. drum
b. piano d. terompet
26. sumber energi bunyi alat musik sasando, yaitu pada bagian … .
27. Perambatan bunyi yang paling cepat melalui benda … .
28. Apa yang mempengaruhi kuat lemahnya bunyi?
E. Selesaikanlah soal - soal di bawah ini dengan benar ! (KD 3.5)
29. Kelompokmu menang dalam sebuah permainan, sikapmu sebaiknya … .
a. menertawakan lawan c. tetap menghargai lawan
b. menyobongkan diri d. membanggakan kelompok
30. Sikap saling menghargai dalam masyarakat yang beraneka ragam dapat mewujudkan kehidupan yang … dan …
31. Kebudayaan-kebudayaan daerah yang beraneka ragam merupakan akar adri kebudayaan … .
32. Apa yang dapat kamu lakukan dalam menghargai keberagaman kebudayaan Indonesia?
F. Selesaikanlah soal - soal di bawah ini dengan benar !
F-1 (KD 3.1)
33. Bahan-bahan berikut dapat digunakan saat menghias dengan teknik kolase, kecuali … .
a. kaca c. daun
b. kain d. air
34. Teknik kolase dapat dikombinasikan dengan teknik melukis tangan dengan menggunakan … .
35. Kulit salak dalam pembuatan rumah adat dengan teknik kolase ditempelkan pada bagian … .
36. Sebutkan 3 bahan-bahan alami yang dapat digunakan dalam menghias dengan teknik kolase!
F-2 (KD 3.2)
37. Contoh lagu nasional, yaitu … .
a. Bagimu Negeri c. Kasih Ibu
b. Desaku Yang Kucinta d. Bubuy Bulan
38. Intonasi merupakan ketepatan bunyi … .
39. Teknik dasar dalam menyanyi, yaitu … .
40. Bagaimanakah sikap tubuh yang baik pada saat menyanyi?
F-3 (KD 3.3)
41. Tari kecak berasal dari propinsi … .
a. Jawa Timur c. Papua
b. Bali d. Maluku
42.
Tarian di atas berasal dari Sumatra Barat.Namanya tari … .
43. Keindahan burung merak diungkapkan dalam tari merak yang berasal dari … .
44. apa makna gerakan berputar searah jarum jam dalam tari Kipas?
Tema : 1 ( Indahnya Kebersamaan) Kelas : IV (empat)
Sub tema : 2 ( Kebersamaan dalam Keberagaman) Waktu : 60 menit
Petunjuk pengerjaan soal
1. Bacalah perintah soal
2. Jika jenis soal pilihan ganda, berilah tanda silang pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang benar
3. Jika jenis soal isian jawablah dengan benar!
4. Jika jenis soal uraian jawablah dengan benar!
5. Kerjakan soal-soal pada LJK yang telah disediakan!
A-1.Kerjakan soal di bawah ini sesuai petunjuk pengerjaan soal ! (KD 3.4)
1. Di bawah ini merupakan sikap yang harus kita terapkan pada saat bermain dengan teman yang
berbeda-beda kegemaran, kecuali ….
a.menghargai b.menghormati c.menyeleksi d.toleransi
2. Perbedaan yang ada di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat dapat menjadi indah jika dilandasi oleh adanya ….
3. Semboyan yang dapat mempersatukan keragaman bangsa Indonesia adalah ….
4. Sebutkan 3 contoh perbedaan yang kamu temukan ketika bermain bersama teman !
B-1. Kerjakan soal di bawah ini sesuai petunjuk pengerjaan soal ! (KD 3.2)
5. Kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah menciptakan bentuk tubuh yang paling sempurna. Salah satunya adalah kita diberi indra pendengar (telinga). Dengan menggunakan indra ini, kita bisa mendengar berbagai suara, seperti kicauan burung, suara air mengalir, dan musik.
Pokok pikiran paragraph di atas terdapat pada kalimat ….
a. pertama c. ke dua
b. ke tiga d. pertama dan ke tiga
6. Menurut bacaan di atas kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena ….
7. Arti kata indra pada bacaan dia atas adalah ….
8. Buatlah tiga kalimat dengan bahasamu sendiri dengan menggunakan kata di bawah ini !
a.indra
b.bersyukur
c.mendengar
B-2 (KD 3.3)
9. Hal-hal di bawah ini yang harus kita lakukan saat berwawancara kecuali ….
a.mengucapakan salam c.memperkenalkan diri
b.mencatat semua pembicaraan nara sumber d.mengambil kesimpulan
10. Sebelum melakukan wawancara kita harus membuat ….
11. Jika kita ingin menanyakan jenis hasil karya yang dihasilkan seorang pengrajin, kata tanya yang tepat adalah ….
12. Buatlah tiga kalimat tanya untuk mewawancarai seorang pengrajin keset dari kata tanya berikut!
a. bagaimana
b.kapan
c. mengapa
B-3 (KD 3.5)
13. Penelitian dan penggalian di Trowulan pada masa lampau dipusatkan pada peninggalan monumental berupa candi, makam, dan petirtaan (pemandian). Belakangan ini penggalian arkeologi telah menemukan beberapa peninggalan aktivitas industri, perdagangan, dan keagamaan, serta kawasan permukiman dan sistem pasokan air bersih. Semuanya ini merupakan bukti bahwa daerah ini merupakan kawasan permukiman padat pada abad ke-14 dan ke-15.
Kata arkeologi pada bacaan di atas mempunyai arti ….
a.benda bersejarah c.benda kuno
b.ahli sejarah d.benda antik
14. Arti kata lampau pada teks bacaan di atas adalah ….
Di kecamatan ini terdapat puluhan situs berupa bangunan,temuan arca, gerabah, dan pemakaman peninggalan Kerajaan Majapahit. Diduga kuat, pusat kerajaan berada di wilayah ini yang ditulis oleh Mpu Prapanca dalam kitab Kakawin Negarakertagama dan dalam sebuah sumber Cina dari abad ke-15. Trowulan dihancurkan pada tahun 1478 saat Girindrawardhana berhasil mengalahkan Kertabumi. Sejak saat itu ibukota Majapahit berpindah ke Daha.
15. Arti kata situs pada bacaan dia atas adalah ….
16. Buatlah tiga kalimat dengan bahasamu sendiri dengan menggunakan kata di bawah ini !
a.situs
b.arca
c.gerabah
C.1 Kerjakan soal di bawah ini sesuai petunjuk pengerjaan soal! (KD 3.3)
17. Bilangan 76 jika dibulatkan ke puluhan terdekat hasilnya adalah ….
a. 77 b. 80 c.70 d.75
18. Bilangan 13.466 dibulatkan ke ratusan terdekat hasilnya adalah ….
19. Bilangan 7.870 dibulatkan ke ribuan terdekat hasilnya adalah ….
20. Boneka Rp32.000,00 Keranjang Rp7.000,00 Vas Bunga Rp8.300,00
Dompet Rp12.500,00 Kipas Rp17.300,00 Gelang Rp13.500,00
a. Lakukan pembulatan jumlah uang yang akan dibayarkan Siti jika ia membeli vas bunga, keranjang, dan kipas.
b. Lakukan pembulatan jumlah uang yang dibayarkan Dayu jika ia membeli boneka dan gelang.
c. Lakukan pembulatan jumlah uang yang dibayarkan Beni jika ia membeli seluruh cenderamata di atas.
C.2 Kerjakan soal di bawah ini sesuai petunjuk pengerjaan soal! (KD 3.11)
21. Bangun geometri di bawah ini bisa kita gunakan untuk pengubinan ….
a. a,b,c b. b,c,d c. a,c,d d. a,b,d
22. Persamaan dari bangun persegi panjang dan persegi adalah ….
23. Perbedaan dari bangun persegi panjang dan persegi adalah ….
24. Buatlah tiga buah pengubinan dari tiga buah bangun geometri!
a. b. c.
D-1 Kerjakan soal di bawah ini sesuai petunjuk pengerjaan soal! (KD 3.5)
25. Di bawah ini adalah bagian telinga tengah kecuali ….
a. Saluran telinga b.gendang telinga c.telinga tengah d.rumah siput
26. Yang mengirimkan getaran suara ke otak adalah bagian telinga ….
27. Fungsi dari daun telinga adalah ….
28. Sebutkan tiga cara merawat telinga!
E.1. Kerjakan soal di bawah ini sesuai petunjuk pengerjaan soal! (KD 3.5)
29. Kota Trowulan terletak di kabupaten ….
a. Sidoarjo b.Mojokerto c.Surabaya d.Jombang
30. Di kota Trowulan terdapat situs peninggalan bersejarah dari kerajaan ….
31. Manfaat menjaga peninggalan bersejarah adalah ….
32. Sebutkan tiga cara menghargai peninggalan bersejarah!
F-1. Kerjakan soal di bawah ini sesuai petunjuk pengerjaan soal! (KD 3.4)
33. Tehnik pengubinan dengan bangun geometri adalah susunan bangun harus….
a. rapi b.rapat c. tumpang tindih d. berurutan
34. Gambar di atas adalah contoh dari bentuk hasil karya ….
35. Motif pengubinan bisa kita temukan pada hasil karya ….
36. Sebutkan tiga bahan dan alat untuk menganyam dengan teknik pengubinan!
ULANGAN HARIAN TEMA I SUB TEMA 2
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Tema : 1 ( Indahnya Kebersamaan) Kelas : IV (empat)
Sub tema : 2 ( Kebersamaan dalam Keberagaman) Waktu : 60 menit
Petunjuk pengerjaan soal
1. Bacalah perintah soal
2. Jika jenis soal pilihan ganda, berilah tanda silang pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang benar
3. Jika jenis soal isian jawablah dengan benar!
4. Jika jenis soal uraian jawablah dengan benar!
5. Kerjakan soal-soal pada LJK yang telah disediakan!
A-1.Kerjakan soal di bawah ini sesuai petunjuk pengerjaan soal ! (KD 3.4)
1. Di bawah ini merupakan sikap yang harus kita terapkan pada saat bermain dengan teman yang
berbeda-beda kegemaran, kecuali ….
a.menghargai b.menghormati c.menyeleksi d.toleransi
2. Perbedaan yang ada di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat dapat menjadi indah jika dilandasi oleh adanya ….
3. Semboyan yang dapat mempersatukan keragaman bangsa Indonesia adalah ….
4. Sebutkan 3 contoh perbedaan yang kamu temukan ketika bermain bersama teman !
B-1. Kerjakan soal di bawah ini sesuai petunjuk pengerjaan soal ! (KD 3.2)
5. Kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah menciptakan bentuk tubuh yang paling sempurna. Salah satunya adalah kita diberi indra pendengar (telinga). Dengan menggunakan indra ini, kita bisa mendengar berbagai suara, seperti kicauan burung, suara air mengalir, dan musik.
Pokok pikiran paragraph di atas terdapat pada kalimat ….
a. pertama c. ke dua
b. ke tiga d. pertama dan ke tiga
6. Menurut bacaan di atas kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena ….
7. Arti kata indra pada bacaan dia atas adalah ….
8. Buatlah tiga kalimat dengan bahasamu sendiri dengan menggunakan kata di bawah ini !
a.indra
b.bersyukur
c.mendengar
B-2 (KD 3.3)
9. Hal-hal di bawah ini yang harus kita lakukan saat berwawancara kecuali ….
a.mengucapakan salam c.memperkenalkan diri
b.mencatat semua pembicaraan nara sumber d.mengambil kesimpulan
10. Sebelum melakukan wawancara kita harus membuat ….
11. Jika kita ingin menanyakan jenis hasil karya yang dihasilkan seorang pengrajin, kata tanya yang tepat adalah ….
12. Buatlah tiga kalimat tanya untuk mewawancarai seorang pengrajin keset dari kata tanya berikut!
a. bagaimana
b.kapan
c. mengapa
B-3 (KD 3.5)
13. Penelitian dan penggalian di Trowulan pada masa lampau dipusatkan pada peninggalan monumental berupa candi, makam, dan petirtaan (pemandian). Belakangan ini penggalian arkeologi telah menemukan beberapa peninggalan aktivitas industri, perdagangan, dan keagamaan, serta kawasan permukiman dan sistem pasokan air bersih. Semuanya ini merupakan bukti bahwa daerah ini merupakan kawasan permukiman padat pada abad ke-14 dan ke-15.
Kata arkeologi pada bacaan di atas mempunyai arti ….
a.benda bersejarah c.benda kuno
b.ahli sejarah d.benda antik
14. Arti kata lampau pada teks bacaan di atas adalah ….
Di kecamatan ini terdapat puluhan situs berupa bangunan,temuan arca, gerabah, dan pemakaman peninggalan Kerajaan Majapahit. Diduga kuat, pusat kerajaan berada di wilayah ini yang ditulis oleh Mpu Prapanca dalam kitab Kakawin Negarakertagama dan dalam sebuah sumber Cina dari abad ke-15. Trowulan dihancurkan pada tahun 1478 saat Girindrawardhana berhasil mengalahkan Kertabumi. Sejak saat itu ibukota Majapahit berpindah ke Daha.
15. Arti kata situs pada bacaan dia atas adalah ….
16. Buatlah tiga kalimat dengan bahasamu sendiri dengan menggunakan kata di bawah ini !
a.situs
b.arca
c.gerabah
C.1 Kerjakan soal di bawah ini sesuai petunjuk pengerjaan soal! (KD 3.3)
17. Bilangan 76 jika dibulatkan ke puluhan terdekat hasilnya adalah ….
a. 77 b. 80 c.70 d.75
18. Bilangan 13.466 dibulatkan ke ratusan terdekat hasilnya adalah ….
19. Bilangan 7.870 dibulatkan ke ribuan terdekat hasilnya adalah ….
20. Boneka Rp32.000,00 Keranjang Rp7.000,00 Vas Bunga Rp8.300,00
Dompet Rp12.500,00 Kipas Rp17.300,00 Gelang Rp13.500,00
a. Lakukan pembulatan jumlah uang yang akan dibayarkan Siti jika ia membeli vas bunga, keranjang, dan kipas.
b. Lakukan pembulatan jumlah uang yang dibayarkan Dayu jika ia membeli boneka dan gelang.
c. Lakukan pembulatan jumlah uang yang dibayarkan Beni jika ia membeli seluruh cenderamata di atas.
C.2 Kerjakan soal di bawah ini sesuai petunjuk pengerjaan soal! (KD 3.11)
21. Bangun geometri di bawah ini bisa kita gunakan untuk pengubinan ….
a. a,b,c b. b,c,d c. a,c,d d. a,b,d
22. Persamaan dari bangun persegi panjang dan persegi adalah ….
23. Perbedaan dari bangun persegi panjang dan persegi adalah ….
24. Buatlah tiga buah pengubinan dari tiga buah bangun geometri!
a. b. c.
D-1 Kerjakan soal di bawah ini sesuai petunjuk pengerjaan soal! (KD 3.5)
25. Di bawah ini adalah bagian telinga tengah kecuali ….
a. Saluran telinga b.gendang telinga c.telinga tengah d.rumah siput
26. Yang mengirimkan getaran suara ke otak adalah bagian telinga ….
27. Fungsi dari daun telinga adalah ….
28. Sebutkan tiga cara merawat telinga!
E.1. Kerjakan soal di bawah ini sesuai petunjuk pengerjaan soal! (KD 3.5)
29. Kota Trowulan terletak di kabupaten ….
a. Sidoarjo b.Mojokerto c.Surabaya d.Jombang
30. Di kota Trowulan terdapat situs peninggalan bersejarah dari kerajaan ….
31. Manfaat menjaga peninggalan bersejarah adalah ….
32. Sebutkan tiga cara menghargai peninggalan bersejarah!
F-1. Kerjakan soal di bawah ini sesuai petunjuk pengerjaan soal! (KD 3.4)
33. Tehnik pengubinan dengan bangun geometri adalah susunan bangun harus….
a. rapi b.rapat c. tumpang tindih d. berurutan
34. Gambar di atas adalah contoh dari bentuk hasil karya ….
35. Motif pengubinan bisa kita temukan pada hasil karya ….
36. Sebutkan tiga bahan dan alat untuk menganyam dengan teknik pengubinan!
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus